NEWSTICKER
Manulife Indonesia saat mengunjungi Universitas Airlangga, Surabaya. (Foto: Metro TV)
Manulife Indonesia saat mengunjungi Universitas Airlangga, Surabaya. (Foto: Metro TV)

Gaji Pertama Sebaiknya Digunakan untuk Apa?

Ekonomi tips keuangan Manulife
Gervin Nathaniel Purba • 11 Maret 2020 07:12
Surabaya: Banyak pro dan kontra terkait penggunaan gaji pertama. Ada yang menggunakannya untuk berbelanja dan bersenang-senang, ada juga yang menabung untuk kebutuhan jangka panjang.
 
Bagaimana dengan Anda, termasuk orang yang menggunakan gaji pertama untuk berfoya-foya atau justru menabung?
 
Untuk memberikan gambaran penggunaan uang gaji pertama, Director and Chief Marketing Officer Manulife Indonesia Novita Rumngangun mencontohkan ketika gaji pertama digunakan untuk membeli ponsel. Saat ini, ponsel berfungsi sebagai alat penunjang kerja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ponsel dibutuhkan untuk komunikasi dalam perkerjaan. Tetapi jika membeli ponsel karena gengsi, nanti dulu. (Kalau dipaksakan beli) jika suatu saat kita tidak punya apa-apa, yang ada bukan tekanan sosial, tapi tekanan ekonomi. Saat kita susah, kita menanggung sendiri. Bukan sosial," ujar Nona, biasa dia disapa, dalam program Do it Manulife Indonesia, di Universitas Airlangga, Surabaya, beberapa waktu lalu.
 
Nona juga mengingatkan untuk mulai merencanakan uang pensiun dini sejak mendapatkan gaji pertama. Hal ini menjadi sangat penting untuk menjamin keamanan finansial jangka panjang.
 
"Kalau ngomongin pensiun, maka kita sudah berbicara mengenai financial freedom atau bebas dalam keuangan. Artinya, bisa saja adek-adek mau bebas keuangan dalam usia 30 tahun, atau 40 tahun. Ini tidak masalah, silakan saja. Tapi, yang namanya pensiun bukan berarti berhenti beraktivitas," kata Nona.
 
Nona menjelaskan, setiap orang harus sudah memikirkan seberapa mampu dirinya ketika sudah menargetkan pensiun pada usia tertentu. Untuk mewujudkannya, diperlukan perencanaan keuangan yang matang.
 
"Saya ambil contoh. Kalau sekarang usia 20 tahun mulai investasi. Saya mau pensiun umur 40 tahun. Saat pensiun, Saya membayangkan sudah mendapatkan Rp1 miliar. Tapi kita jangan pikirkan Rp1 miliar yang sekarang, tapi nilai yang akan datang 20 tahun lagi," ujarnya.
 
Cara menghitungnya, yakni dengan menghitung inflasi setiap tahun. Dengan hitungan inflasi tersebut, uang yang akan didapatkan ketika memutuskan pensiun pada usia 40 tahun, kurang lebih sekitar Rp2,6 miliar.
 
"Dari situ mesti dilihat. Dalam jangka waktu 20 tahun apa yang harus dilakukan. Investasi apa yang harus disiapkan," ucap Nona.
 
Anda bisa mempelajari lebih lanjut seputar perencanaan uang pensiun, di sini.
 


 

(ROS)
Presented By:
Logo BrandConnect

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif