Inacraft merupakan salah satu pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara akan menjadi ajang pemasaran yang potensial bagi pelaku UMKM dalam negeri untuk merambah pasarnya ke internasional.
VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina rutin mengikutkan mitra binaannya pada ajang Inacraft dan berbagai pameran bergengsi lainnya di Indonesia.
Melalui ajang-ajang tersebut, para pelaku UMKM dapat berinteraksi dengan konsumen baru, baik dari dalam maupun luar negeri.
Terkadang, Pertamina juga membawa UMKM unggulan untuk mengikuti pameran di luar negeri untuk memperluas jejaringnya dan bertemu secara langsung dengan konsumen asing.
"UMKM yang mengikuti kegiatan pameran sudah melalui tahap kurasi, sehingga produk yang
dipasarkan merupakan produk unggulan dan dapat merepresentasikan budaya Indonesia," jelas Fadjar dalam siaran pers, Rabu, 28 Februari 2024.
Baca juga: Ini Cara Cerdas Naikkan Kelas Bisnis UMKM di Pasar Global |
Dari 29 UMKM tersebut, Fadjar menyebutkan sebanyak 18 UMKM bergerak di industri fashion dan kerajinan serta tiga UMKM sektor kuliner, merupakan binaan dari berbagai wilayah di Indonesia.
Sedangkan delapan UMKM lainnya telah mampu berpartisipasi secara mandiri, namun Pertamina tetap melakukan pendampingan seperti menggelar aktivasi, program promo produk hingga dukungan lainnya.
Menurut Fadjar Inacraft menjadi platform ideal bagi Pertamina untuk mempromosikan produk UMKM.
“Selain pameran, sebagai bentuk apresiasi kami kepada para pengunjung yang berbelanja di UMKM binaan Pertamina akan dimanjakan dengan berbagai hadiah, souvenir, promo berupa potongan harga hingga voucher belanja,” tutur dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News