Ilustrasi foto Bright Gas. Foto: dok Pertamina.
Ilustrasi foto Bright Gas. Foto: dok Pertamina.

Wih! Pertamina Salurkan Rp174,7 Miliar untuk Bawa UMKM Naik Kelas

Eko Nordiansyah • 19 Maret 2023 21:52
Jakarta: PT Pertamina (Persero) mencatat telah menyalurkan bantuan Rp174,7 miliar untuk seluruh UMKM binaan sejak 2020. Melalui program Pinky Movement, Pertamina telah menyasar sebanyak 881 outlet serta 854 usaha kecil pengguna LPG subsidi.
 
"Pertamina menunjukan komitmennya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam rangka menggerakan roda perekonomian," kata VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 19 Maret 2023.
 
Program Pinky Movement merupakan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang memberikan bantuan berupa kredit pinjaman untuk outlet Bright Gas sebagai jaringan distribusi resmi LPG NPSO serta Pangkalan LPG PSO yang tertarik menjual Bright Gas di seluruh Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, Pinky Movement merupakan program TJSL berkonsep Creating Shared Value (CSV) dengan penguatan utama pada peningkatan kapasitas pelaku UMK yang dijalankan dengan mendekatkan proses inti bisnis Pertamina. 
 
"Pinky Movement dapat menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama (shared), tanpa salah satu diutamakan atau dikesampingkan," ujar dia.
 
Program ini diharapkan membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya, menghasilkan produk-produk yang inovatif, dan cepat beradaptasi untuk mengikuti tren pasar, sehingga mampu bersaing dan menjadi tuan rumah di negara sendiri.
 
Baca juga: Ekonomi RI Masih Menggeliat, Ini 5 Sumber Pertumbuhannya!

Dalam mengkampanyekan program Pinky Movement, Pertamina memiliki strategi komunikasi dengan berbagai pendekatan. Salah satunya komunikasi antarbudaya dengan mengedepankan kearifan lokal masing-masing wilayah. 
 
Selain itu juga dilakukan pendekatan melalui beberapa program publikasi dengan menampilkan ikon Miss Pinky dalam program Grebeg Pinky. Program ini menekankan pada upaya konkret untuk menurunkan beban subsidi dan menjadi tepat sasaran.
 
Atas pencapaian program tersebut, Pertamina meraih penghargaan Gold Winner pada ajang penghargaan Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2023. Ajang kompetisi program komunikasi dan kehumasan ini diselenggarakan oleh PR Indonesia.
 
Pertamina terus berupaya untuk meningkatkan kinerja Environmental, Social & Governance (ESG) terutama di bidang sosial dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. ESG juga merupakan langkah perusahaan dalam menjalankan bisnis berkelanjutan.
 
"Secara keseluruhan, Pertamina berkomitmen menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial," ungkapnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif