Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Kuartal I, Beras hingga Makanan Kering Diserbu Masyarakat saat Berbelanja Daring!

Angga Bratadharma • 18 Mei 2023 11:01
Jakarta: Selama kuartal I-2023, belanja daring ternyata masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Hal ini sesuai dengan laporan yang menunjukkan sekitar 80 persen konsumen digital akan mempertahankan, bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023. Data serupa pun tercermin di tren belanja daring masyarakat di Tokopedia.
 
Pada kuartal I-2023, Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, produk seperti makanan dan minuman, perlengkapan kebersihan, serta perawatan tubuh dan kecantikan menjadi beberapa produk yang paling laris di Tokopedia.
 
"Dengan rata-rata peningkatan lebih dari tiga kali lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya," ungkap Ekhel, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis, 18 Mei 2023.
Baca: Kemarin IMF, Kini Bank Dunia Bawa Kabar Buruk Jika AS Gagal Bayar Utang!

Pada kuartal I, masyarakat melengkapi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk makanan dan minuman di Tokopedia. Tercatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan, serta beras dan makanan kering seperti beras shirataki dan kacang almond masing-masing transaksinya naik lebih dari tiga lipat, lebih dari empat kali lipat dan lebih dari enam kali lipat.

Peningkatan transaksi perlengkapan kebersihan

Tokopedia juga melihat adanya peningkatan transaksi pada produk perlengkapan kebersihan sebesar lebih dari 3,5 kali lipat pada kuartal I-2023 dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca, dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu masyarakat Indonesia.

Produk perawatan tubuh dan kecantikan juga diserbu masyarakat. "Kami mencatat produk perawatan tubuh dan kecantikan seperti sampo, vitamin, dan pengharum rambut mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir dua kali lipat pada kuartal I-2023," kata Ekhel.
 
Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja daring lewat Tokopedia, lanjutnya, Tokopedia berupaya untuk terus membantu pelaku usaha memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya. "Untuk menciptakan peluang tanpa hambatan lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal," pungkas Ekhel.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan