Presiden Joko Widodo. Dok. Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo. Dok. Tangkapan Layar

Presiden: Investasi Jangkar Pemulihan Ekomomi

Andhika Prasetyo • 24 November 2021 11:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut investasi sebagai jangkar pemulihan ekonomi nasional. Segala upaya untuk menarik dana dari para investor harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.
 
"Urusan pelayanan perizinan harus semakin bagus. Saya senang tadi ada kementerian atau lembaga, provinsi, kabupaten/kota yang mendapatkan anugerah untuk investasi, baik realisasi maupun urusan perizinan," ujar Jokowi dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021 di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu, 24 November 2021.
 
Dia menginstruksikan seluruh menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah betul-betul serius serta maksimal dalam memberikan pelayanan kepada para penanam modal. Baik penanam modal dari luar maupun dalam negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena dilayani dengan baik saja belum tentu investor jadi, apa lagi tidak dilayani dengan baik," tuturnya.
 
Seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah, sambung Kepala Negara, harus menerapkan cara kerja baru. Pola baru yang membuat sistem perizinan menjadi lebih efektif dan efisien.
 
Contohnya, melakukan terobosan dengan mempermudah pelayanan bagi para pelaku usaha kecil. Semua izin diberikan gratis dan diantarkan sampai ke rumah.
 
"Gubernur, bupati, wali kota, tetapkan target, misalnya tahun ini 10 ribu usaha kecil dapat izin gratis," tutur mantan wali kota Solo itu.
 
Baca: Sri Mulyani Ungkap Ketimpangan Pemulihan Ekonomi di Pusat dan Daerah
 
Jika pengusaha kecil bisa memperoleh izin dengan cepat, mereka akan bisa langsung mengakses permodalan dan melakukan ekspansi bisnis. Akhirnya, peredaran uang makin besar dan menimbulkan efek ke daya beli masyarakat.
 
"Konsumsi jadi naik, pertumbuhan ekonomi juga naik. Larinya ke sana," ujar dia.
 
(AZF)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif