Wakil Pemimpin SWA Media Group Sujatmaka mengatakan, perusahaan harus fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan melalui layanan yang cepat, ramah, dan efisien. Dengan memahami kebutuhan serta preferensi pelanggan, perusahaan dapat membangun loyalitas dan reputasi mereka.
"Jika pelanggan puas dengan layanan yang diterima, mereka akan dengan senang hati memberikan rating bintang lima. Namun, jika kecewa, mereka tidak segan untuk memviralkannya melalui media sosial," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 10 Oktober 2024.
SWA Media Group dan Business Digest mengadakan "Indonesia Customer Service Quality Award 2024" dan "Indonesia Customer Service Champion 2024". Penghargaan ini untuk mengapresiasi merek-merek yang mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
Baca juga: 5 Peluang Bisnis Menjanjikan Memasuki Musim Hujan |
CEO KMN Eye Care Rudy C. Susilo mengungkapkan, kepuasan pelanggan selama tiga tahun ini mencapai 99 persen. Ada dua hal yang menjadi fokus pelayanan kepada pasien, yaitu hasil medis yang baik (medical outcome) dan pelayanan yang berkualitas (service quality).
Dalam menghasilkan medical outcome yang baik, KMN Eye Care menempatkan empat pilar, diantaranya SDM, peralatan, proses, dan evaluasi. Rudy menyebut, empat pilar ini benar-benar dijalankan dengan maksimal demi mendapatkan hasil medis yang baik.
“Setiap pasien yang melakukan operasi di KMN, akan ditelepon oleh call center, untuk menyapa dan menanyakan keluhan atau hal-hal yang bisa dibantu, jika tidak bisa diselesaikan oleh CS maka akan dilanjutkan oleh dokter supaya bisa diberikan masukan yang baik,” ujarnya.
Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan mengembangkan solusi digital fundraising yang berfokus pada layanan ZIS dan DSKL dengan menggunakan platform layanan online. Baznas RI menggunakan integrasi sistem untuk otomatisasi layanan.
“Kami tidak hanya mengoptimalkan digitalisasi dan internet pada sosialisasi, tetapi juga dalam pengumpulan zakat. Kami ingin memberikan layanan yang nyaman dan transparan untuk para donatur, mulai dari penghimpunan hingga penyaluran,” kata dia.
Rizal juga menyampaikan untuk membuat donatur tetap loyal, pihaknya membuat program Loyalti Muzaki diantaranya mengajak putra-putri muzaki (customer Baznas RI) mengikuti event Pesantren Kilat di Kapal Perang, serta berwisata ke lokasi pemberdayaan batik.
“Hasilnya, Baznas RI berhasil mendapatkan penghimpunan dana sebesar Rp1,14 triliun atau naik sekitar 29,4 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun 2025, kami menargetkan penghimpunan dana sebesar Rp1,5 triliun,” ungkapnya.
Adapun peraih penghargaan Indonesia Customer Service Quality Award 2024, yaitu KMN Eye Care, Mandiri Agen, PT Bank Central Asia Tbk, OPPO, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Bank bjb, Timezone Indonesia, Manulife Indonesia, Solaria, Apotek K-24, dan Mandiri Tunas Finance.
Sementara untuk peraih penghargaan Indonesia Customer Service Champion 2024, yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Mandiri Utama Finance, PT Bank DBS Indonesia, PT Karya Tetangga Tuku (Toko Kopi Tuku), PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), dan BAZNAS RI.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News