Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Tahu Gak, Ternyata Logo Halal Buat Konsumen Merasa Aman dan Yakin dengan Kualitas Produk!

Angga Bratadharma • 24 April 2023 17:07
Jakarta: Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri pada 2021, terdapat sebanyak 237 juta penduduk Muslim di Indonesia. Dengan banyaknya penduduk Muslim di Indonesia, makanan dan minuman halal menjadi hal yang utama dan sangat diperhatikan baik oleh pemerintah dan masyarakat.
 
BPJPH mengatakan nilai belanja produk halal dari umat Muslim Indonesia mencapai USD135 miliar per tahun. Membahas lebih dalam mengenai gaya belanja serta persepsi penduduk Muslim mengenai industri halal di Indonesia, perusahaan riset pasar Populix merilis laporan bertajuk 'Insights and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia'.
Baca: Mantap, E-Commerce Ini dan BPJPH Bergandengan Dukung Indonesia Jadi Pusat Produsen Halal Dunia!

Dalam laporan tersebut, ditemukan bahwa 93 persen responden mengatakan pencantuman logo halal pada produk makanan merupakan hal yang sangat penting dan menjadi pertimbangan yang paling utama ketika membeli sebuah produk
 
"Dalam laporan tersebut ditunjukkan bahwa, keberadaan logo halal merupakan hal yang sangat penting bagi konsumen Muslim di Indonesia ketika membeli produk makanan dan minuman. Terlebih di Ramadan ini masyarakat akan lebih menjaga produk yang akan disantap," kata Co-Founder dan COO Populix Eileen Kamtawijoyo, dalam keterangannya, Senin, 24 April 2023.

Logo halal bikin konsumen aman

Ia menilai terdapatnya logo halal pada kemasan produk membuat konsumen Muslim merasa aman dengan produk yang dibeli (75 persen), dan merasa ada jaminan kualitas mutu dari produk tersebut (63 persen). Hal ini patut menjadi perhatian terutama bagi industri makanan dan minuman di Indonesia, untuk lebih memerhatikan pencantuman logo halal pada kemasan.
Baca: Baca: Tips Cari Kerjaan Baru bagi Karyawan yang Pilih Resign Setelah Lebaran

"Atau informasi produk agar konsumen Muslim lebih yakin bahwa produk tersebut halal. Selain itu, industri e-commerce atau aplikasi online yang menjual produk makanan atau minuman juga perlu memerhatikan hal tersebut agar dapat memaksimalkan penjualan," ujar Eileen.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.014 laki-laki dan perempuan Muslim berusia 17-55 tahun ditemukan beberapa pertimbangan masyarakat ketika membeli produk yaitu:
  1. Memiliki logo halal (83 persen).
  2. Mempunyai informasi kandungan yang jelas (80 persen).
  3. Produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan (75 persen).
  4. Kemasan yang ramah lingkungan (52 persen).
  5. Diproduksi di dalam negeri (25 persen).
  6. Kemasan yang dapat digunakan ulang (22 persen).
  7. Diproduksi di luar negeri (tujuh persen).
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan