Ilustrasi resign. Foto: Freepik
Ilustrasi resign. Foto: Freepik

Tips Cari Kerjaan Baru bagi Karyawan yang Pilih Resign Setelah Lebaran

Annisa ayu artanti • 21 April 2023 12:05
Jakarta: Masa setelah Lebaran biasanya kerap menjadi momentum bagi karyawan yang memutuskan resign atau mengundurkan diri dari pekerjaannya.
 
Ada banyak alasan yang melatarbelakangi hal tersebut, mulai dari menunggu Tunjangan Hari Raya (THR) cair, melihat peluang lowongan kerja yang banyak dibuka, hingga mencari tantangan kerja baru.
 
Akan tetapi mencari pekerjaan baru tidak selalu mudah, terutama di tengah persaingan yang ketat di dunia kerja yang terjadi saat ini.
 
Selain itu, proses rekrutmen atau melamar kerja pun dapat berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.
 
Melansir Antara, untuk memaksimalkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan baru JobStreet membagikan sejumlah tips bagi karyawan yang akan mencari pekerjaan baru pascaresign setelah Lebaran.
 
Baca juga: Siap-siap Open Rekrutmen BUMN Segera Dibuka, Catat Tanggalnya!
 
Berikut empat tips tersebut: 

1. Lakukan riset seputar perusahaan dan jabatan yang kamu incar

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu melakukan riset terhadap perusahaan serta jabatan yang ingin kamu lamar.
 
Langkah ini penting dilakukan sebelum memutuskan untuk melamar ke sebuah perusahaan.
 
Dengan melakukan riset, kamu dapat terlihat menjadi kandidat terdepan dengan pengetahuan yang baik mengenai perusahaan serta jabatan yang kamu lamar.

2. Perbarui CV dan siapkan cover letter yang sesuai 

Setelah melakukan riset, pastikan kamu melakukan pembaruan atau update CV sesuai dengan jabatan pekerjaan kamu sebelumnya. Jangan lupa, siapkan pula cover letter yang menarik agar mudah dilirik oleh perekrut.
 
Anda juga dapat menambahkan beberapa keyword atau kata kunci yang sesuai dengan minat dan keahlian, sehingga dapat menarik perhatian perekrut dengan mudah. 

3. Perbarui dan lengkapi profil JobStreet

Tak hanya CV, kamu juga perlu melakukan pembaruan ataupun melengkapi data serta pencapaian terbaru yang Anda dapatkan di kantor sebelumnya di halaman profil JobStreet.
 
Hal ini tentunya juga dapat mempermudah perekrut untuk melakukan seleksi terhadap kandidat terbaik yang cocok dengan perusahaan mereka.

4. Lakukan follow-up kepada HR

Kamu dapat melakukan follow-up mandiri kepada perekrut dengan menanyakan kelanjutan atau hasil akhir dari rekrutmen terhadap jabatan yang kamu lamar.
 
Saat follow-up, terapkanlah etika komunikasi yang baik dan sopan, serta pada waktu yang sesuai. Hal ini dapat memperlihatkan kamu adalah kandidat yang profesional dan dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan perekrut.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan