Berdasarkan kajian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Indeks Literasi Digital Nasional pada 2023 meningkat menjadi 3,65 dari 3,54 di 2022 (dalam skala 5 poin). Meskipun meningkat, namun kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara umum masih perlu ditingkatkan.
Untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, PT Bank Jago Tbk sebagai bank berbasis teknologi melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk meningkatkan literasi digital keuangan sekaligus menghasilkan bibit-bibit unggul di bidang digital yang siap kerja.
"Salah satu tantangan utama industri perbankan digital saat ini adalah langkanya talenta digital, selain juga kemampuan bank mengadopsi teknologi yang berkembang pesat serta kematangan digital masyarakat yang perlu ditingkatkan," kata Head of People & Culture PT Bank Jago Tbk Pratomo Soedarsono, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, 25 April 2025.
Pratomo atau yang biasa dipanggil Tommy menilai, tidak semua segmen nasabah memiliki tingkat kematangan digital yang sama. Nasabah dengan kematangan digital yang rendah relatif masih memerlukan kehadiran fisik bank, meskipun tidak harus selalu dalam bentuk kantor cabang.
"Sebagai bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem digital, Bank Jago meluncurkan Aplikasi Jago untuk membantu semakin banyak orang agar punya kematangan digital keuangan yang semakin baik. Kami juga aktif memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat khususnya generasi muda, sebagai bentuk kontribusi kami untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia," jelas dia.
Menurut Tommy, agar perbankan dapat sepenuhnya terdigitalisasi maka sistem perbankan maupun sumber daya manusianya memerlukan perubahan pola pikir dan budaya, yang didukung oleh kemampuan digital yang mumpuni. Masalahnya, terdapat keterbatasan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang teknologi digital serta ketidaksesuaian keterampilan antara yang tersedia dengan yang dibutuhkan (supply and demand) terhadap talenta digital di Indonesia.
"Kami di Bank Jago sejak 2021 cukup struggle dalam mencari digital talent. Dari ribuan yang kami tes dan seleksi, yang lolos itu cuma sekian persen, sedikit sekali," ungkap Tommy.
Baca juga: Bank Digital Bidik Solopreneur dan Pelaku UMKM untuk Kejar Sejuta Nasabah |
Luncurkan Jago Digital Academy
Berangkat dari keprihatinan tersebut, Bank Jago menginisiasi sejumlah program untuk mengedukasi sekaligus menjaring SDM-SDM berkualitas yang dibutuhkan industri digital, khususnya bank berbasis teknologi. Salah satunya meluncurkan Jago Digital Academy, program pembelajaran mandiri berbasis digital hasil kolaborasi dengan partner-partner strategis dan perguruan tinggi.
Jago Digital Academy (JDA) dirancang sebagai wadah kolaboratif bagi para talenta di bidang teknologi dalam mengakselerasi pengetahuan dan kompetensi digitalnya secara mandiri. Melalui program ini diharapkan muncul talenta-talenta unggul di bidang teknologi dan perbankan digital yang siap terjun di dunia kerja yang semakin kompetitif.
“Dibantu dengan AI, saat ini JDA telah mengembangkan program pembelajaran mandiri untuk 50 bidang studi, yang terbagi ke dalam lebih dari 200 modul pembelajaran dan berfokus pada tiga tiga jalur kemampuan teknis: Product Management, Engineering, dan Data Science. Saat ini sudah sekitar 1.400 peserta JDA," jelas Tommy.
Di hadapan 450 mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, Tommy mengatakan setiap talenta digital harus memiliki memperkenalkan tujuan dan nilai-nilai positif yang idealnya dimiliki oleh setiap talenta digital, khususnya jika ingin menjadi karyawan Bank Jago.
"Yakni, selalu berupaya mencari solusi digital yang dapat melayani segala kebutuhan hidup manusia (life-centricity), semangat untuk bertumbuh dan memperbaiki diri (purposeful growth), berani untuk menantang normativitas dan menciptakan solusi-solusi yang kreatif (fearless creativity), dan cepat beradaptasi dengan perubahan serta tepat dalam mengambil keputusan (empowered agility)," papar dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News