Pelindo I akan mengoptimalkan layanan online saat kondisi tersebut diberlakukan. Direktur SDM Pelindo I M. Hamied Wijaya mengatakan selama pandemi virus korona (covid-19), pihaknya telah melakukan layanan operasional logistik 24 jam dalam tujuh hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak kapal akan bersandar di pelabuhan.
Selama itu Pelindo I juga telah menerapkan digitalisasi dalam sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang memudahkan para pengguna jasa untuk menggunakannya. "Layanan digital ini sudah kita terapkan di seluruh lingkungan Pelindo 1 yang didesain khusus bagi para pengguna jasa yang dapat diakses secara mudah, aman, dan di mana saja," kata Hamied dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 3 Juni 2020.
Selain itu, lanjutnya, Pelindo I juga telah menerapkan sistem e-berthing di Pelabuhan Tanjungpinang yang digunakan untuk permintaan pelayanan tambatan kapal secara online yang diajukan oleh perusahaan pelayaran.
"Sehingga kami akan mengoptimalkan layanan tersebut saat penerapan skenario the new normal agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar," sebutnya.
Dalam penerapan era normal baru, Hamied menambahkan Pelindo I akan mengoptimalkan lagi aspek teknologi yang ada diperseroan. Salah satunya penggunaan media web portal iProcura untuk berinteraksi kepada para penyedia barang dan jasa.
"Dengan the new normal ini diharapkan dapat menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung program-program strategis pemerintah," tukasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News