Ilustrasi mitra pelatihan kartu prakerja - - Foto: Medcom
Ilustrasi mitra pelatihan kartu prakerja - - Foto: Medcom

Pemerintah Tambah Mitra Baru untuk Pelatihan Kartu Prakerja

Ekonomi Kartu Prakerja
Antara • 08 Agustus 2020 13:00
Jakarta: Pemerintah menerima pengajuan mitra baru dalam program pelatihan kartu prakerja. Lembaga yang ditampung mulai dari platform digital, mitra pembayaran hingga jenis pelatihan baru.
 
“Platform digital sebelumnya ada delapan, sekarang tambahannya sedang dilakukan assessment ada lima,” kata Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denny Puspa Purbasari dikutip dari Antara, Sabtu, 8 Agustus 2020.
 
Saat ini terdapat delapan mitra platform digital yang menyediakan program pelatihan bagi peserta kartu prakerja. Platform tersebut yakni Bukalapak, MauBelajarApa, Pintaria, Ruang Guru, Sekolahmu, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Sisnaker yang dikelola Kementerian Ketenagakerjaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian ada empat calon mitra pembayaran yang masih menunggu penilaian termasuk kelancaran integrasi sistem yakni Ovo, GoPay, LinkAja dan Bank BNI.
 
Tak hanya itu, ada juga 16 calon lembaga pelatihan yang sudah ditetapkan. Kemudian, jenis pelatihan yang sudah dibeli peserta sebanyak 1.138 jenis pelatihan dan rencananya ada tambahan 362 jenis pelatihan baru.
 
“Kami ingin memastikan teman-teman prakerja di depan gerbang pendaftaran batch IV yang jumlahnya 4,6 juta orang ini bisa masuk dengan lancar dan 800 ribu itu per provinsi sehingga aspek pemerataan bisa didapatkan,” pungkas dia.
 
Adapun pendaftaran gelombang IV program kartu prakerja resmi dibuka. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi kartu prakerja (prakerja.go.id) mulai Sabtu, 8 Agutus 2020.
 
Dalam gelombang keempat tersebut, pemerintah menambah jumlah penerima kartu prakerja menjadi 800 ribu orang. Pendaftaran kini juga bisa dilakukan secara luring.
 
Saat ini ada 456.265 peserta yang telah dinyatakan lolos untuk kartu prakerja di gelombang I dan II. Jumlah tersebut masih ditambah sekitar 224 ribu peserta yang diterima pada gelombang III, sehingga total sudah ada sekitar 680 ribu peserta kartu prakerja.
 
Namun dari jumlah tersebut, baru 390 ribu peserta yang telah menyelesaikan pelatihannya. Penyelesaian pelatihan menjadi syarat peserta bisa menerima insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif