Ilustrasi belanja iklan. Foto: MI/Tri Handiyatno.
Ilustrasi belanja iklan. Foto: MI/Tri Handiyatno.

Semester I-2022, Belanja Iklan Capai Rp135 Triliun

Antara • 11 Agustus 2022 19:39
Jakarta: Nielsen Indonesia mencatat belanja iklan pada semester I-2022 mencapai Rp135 triliun atau naik tujuh persen dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp127 triliun.
 
Director Client Lead Nielsen Indonesia Selly Cahyani Putri mengatakan kenaikan ini menandakan sektor industri mulai mengalami pemulihan pasca pandemi covid-19.
 
baca juga: Platform Iklan Outdoor Bidik Pendapatan Rp134 Miliar 

"Semester pertama 2022 ini, bisa dikatakan bahwa pengiklan sudah mulai menunjukkan rasa percaya diri untuk beriklan. Hal ini menunjukkan industri mulai pulih pascapandemi," ujar Selly dikutip dari Antara, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Ia mengatakan pertumbuhan itu masih didorong oleh belanja iklan pada media televisi yang mendominasi sebesar 79,7 persen. Lalu, pada media digital sebesar 15,2 persen, cetak 4,8 persen dan radio 0,3 persen.

Menurut dia, semester I tahun ini belanja iklan pada media televisi naik sebesar 8 persen dan media digital naik 6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Namun, media cetak dan radio masing-masing secara berurutan turun sebesar 6 persen dan 13 persen.
 
"Jadi, delapan persen kenaikan iklan TV ini lebih didorong karena kenaikan rate card yang sebesar tujuh persen," ujar Selly.
 
Nielsen mencatat belanja iklan terus mengalami kenaikan. Pada semester I 2019, belanja iklan tercatat Rp80 triliun, semester I 2020 naik menjadi Rp104 triliun, semester I 2021 naik lagi menjadi Rp127 triliun dan semester I tahun ini naik menjadi Rp135 triliun.
 
"Trennya setiap tahun ada kenaikan," ujar Selly.
 
Nielsen juga mencatat sebesar 35 persen dari total belanja iklan semester I tahun ini disumbangkan dari kategori online service, perawatan rambut, perawatan wajah, bumbu- bumbuan, serta belanja iklan pemerintah dan organisasi politik.
 
Dalam melakukan perhitungan, Nielsen Indonesia menggunakan metode gross rate card, yakni tidak memasukkan unsur diskon, promo, paket dan lainnya. Nielsen melakukan monitoring terhadap 15 stasiun televisi, 161 media cetak, 104 radio, 200 situs dan 3 media sosial.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan