Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pembelian Pertalite Pakai Print Out QR Code Dinilai Lebih Mudah dan Aman

Medcom • 07 Juli 2022 14:29
Jakarta: Direktur Eksekutif Indonesia Information and Communication Technology (ICT) Institute, Heru Sutadi, mendukung cara pembelian pertalite melalui print out QR Code. Cetakan QR Code tersebut bisa dilaminating dan ditempelkan pada kaca mobil atau badan sepeda motor. 
 
Menurut Heru, cara tersebut jauh lebih mudah dan aman daripada menggunakan telepon seluler. “Seperti kita beli minuman atau makanan di minimarket. Tinggal di-scan. Dan itu harusnya lebih aman daripada pakai ponsel," ujar Heru, melalui keterangan tertulis, Kamis, 7 Juli 2022. 
 
Dalam kaitan itu, masyarakat sebaiknya mendaftar dulu secara online. Bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang seharusnya begitu. Aplikasi MyPertamina dirancang agar mudah digunakan oleh berbagai kalangan,” kata mantan komisioner pada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia itu.
 
Selain kemudahan, memberi keamanan kepada konsumen saat mendaftar MyPertamina untuk pembelian Pertalite dan Solar, menurut Heru, adalah penting. "Karena sejumlah data perlu disampaikan untuk melihat apakah kendaraan tersebut sesuai untuk mengonsumsi BBM bersubsidi," kata Heru.
 
Data yang dimaksud adalah data personal seperti KTP dan data kendaraan seperti jenis kendaraan, tahun pembuatan, plat nomor, kapasitas silinder (CC). Pertamina saat ini tengah fokus pada keamanan dan kemudahan masyarakat. 
 
Itu sebabnya, dalam menjalankan aplikasi MyPertamina, Pertamina menggandeng Telkom, BUMN yang memang ahli di bidang digitalisasi. Selain MyPertamina, aplikasi lain yang juga diluncurkan Telkom, antara lain PeduliLindungi, yang juga terbukti aman dan mudah.
 
Baca:  Program Registrasi Konsumen BBM Bisa Kendalikan Beban Keuangan Negara
 
Pertamina menyatakan akan terus memastikan BBM subsidi jenis solar dan pertalite dikonsumsi oleh segmen masyarakat yang berhak dan kendaraan yang tepat. Pembelian BBM Subsidi tersebut dilakukan melalui scan QR Code oleh petugas di SPBU.
 
Untuk mendapatkan QR Code masyarakat dapat mendaftar melalui tiga pilihan cara. Pertama, melalui website: subsiditepat.mypertamina.id. Kedua, aplikasi MyPertamina. Dan ketiga, pendaftaran langsung di SPBU.
 
(UWA)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif