Truk. Foto: MI/Ramdani.
Truk. Foto: MI/Ramdani.

Usul Pengusaha, Truk Lawas di Atas 20 Tahun Dimusnahkan

Antara • 29 September 2022 17:33
Semarang: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan mengusulkan truk yang sudah berusia di atas 20 tahun agar dimusnahkan sebagai salah satu upaya menjaga persaingan usaha di sektor transportasi.
 
"Kita dihadapkan pada persaingan yang rimbanya tidak jelas," kata Tarigan, dikutip dari Antara, Kamis, 29 September 2022.
 
baca juga: 300 Sopir Truk di Kudus Tolak Aturan ODOL

Menurut dia, angkutan barang merupakan urat nadi perdagangan nasional. Namun, lanjut dia, persaingan yang tidak jelas tersebut justru diciptakan sendiri oleh pengusaha.
 
"Pengusaha membeli kendaraan baru, namun kendaraan lamanya yang sudah berusia tua justru dijual ke pengusaha yang lain," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal untuk menjaga persaingan yang sehat,  kendaraan-kendaraan yang sudah tua tersebut dimusnahkan.
 
"Jadi perusahaan-perusahaan ini sama-sama bersaing dengan menggunakan truk yang berusia muda," katanya.
 
Selain menjaga persaingan usaha yang sehat,  peremajaan kendaraan juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan barang.
 
Ia menjelaskan truk yang berusia tua namun diberi beban yang berat tidak hanya membahayakan orang lain, namun pengusahanya juga.
 
Sementara Ketua Aptrindo Jawa Tengah Candra Budiwan menambahkan penyesuaian harga BBM juga telah memicu persaingan tidak sehat antarpengusaha angkutan barang.
 
"Pengguna jasa mencari harga yang lebih murah sehingga para pengusaha terpaksa menerima pekerjaan meski barang yang harus diangkut lebih banyak," katanya.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif