Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Medcom.id
Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Medcom.id

Luhut Happy Dengar Kinerja Hulu Migas

Annisa ayu artanti • 21 September 2022 17:34
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memuji industri hulu migas yang di tengah gencarnya upaya transisi energi masih berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
Dia bilang, disaat negara-negara tetangga belum pulih pasca pandemi covid-19 Indonesia masih membukukan pertumbuhan ekonomi yang lebih dari lima persen dalam tiga kuartal terakhir.
 
"Ini capaian yang mengesankan dibandingkan dengan tetangga kita dan bahkan negara-negara maju. Saya mengapresiasi semua pihak, termasuk industri migas, yang telah mendukung pencapaian tersebut," kata Luhut, dalam acara Indonesian Petroleum Associations (IPA) 2022, Rabu, 21 September 2022.
 
Baca juga: Demi Tekan Anggaran Subsidi BBM, Luhut Siapkan Insentif untuk Kendaraan Listrik

Luhut membeberkan, kondisi ini dicapai karena dua hal yaitu investasi dan ketersediaan dan keamanan energi di Tanah Air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita kini lebih terbuka untuk investasi daripada sebelumnya. Inisiatif hilirisasi yang diinstruksikan Presiden Jokowi ke beberapa sektor telah disusul oleh lebih banyak aliran investasi ke dalam negeri," sebutnya.
 
"Ketersediaan dan keamanan energi menjadi lebih semakin penting daripada yang sudah-sudah, untuk mendukung pertumbuhan Indonesia," imbuhnya.
 
Baca juga: Elon Musk: Dunia Masih Perlu Migas 

Di sisi lain, Luhut juga menyampaikan, peta jalan penurunan emisi berdasarkan Nationally Determined Contribution harus tetap disusun dan dilaksanakan dengan baik untuk mendorong investasi baru dan eksplorasi baru selanjutnya. Khususnya di Indonesia bagian timur.

Kabar baik industri migas

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan dirinya happy mendengar kabar baik dari industri migas. Ia pun tak ragu memuji kinerja Kontraktor Kontrak Kerja Sama KKKS migas seperti Pertamina Hulu Rokan, ExxonMobil, hingga Premier Oil.
 
"Saya senang mendengar semakin banyaknya kabar baik dari industri minyak dan gas. Selamat kepada Premier Oil yang baru saja menemukan lapangan gas baru di lepas pantai Aceh; Pertamina Hulu Rokan telah menyelesaikan lebih dari 350 sumur baru dalam waktu satu tahun setelah akuisisi; Blok Cepu ExxonMobil akan mengebor lebih banyak sumur klastik dan infill," katanya.
 
"Persis inilah yang ingin saya dengar lebih banyak dari industri ini, lebih banyak penemuan dan lebih banyak aktivitas," jelasnya. 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif