Ilustrasi. Foto: dok MI/Jhoni Kristian.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Jhoni Kristian.

Dukung Ketersediaan Pangan, Pertamina Hulu Rokan Olah 100 Ha Lahan

Antara • 15 September 2022 10:34
Pekanbaru: PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bekerja sama dengan TNI-AD dan Kelompok Tani Suku Sakai mengolah 100 hektare (ha) lahan untuk tanaman pangan, di antaranya jagung guna mendukung ketersediaan pangan masyarakat di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan.
 
"PHR bertekad untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan," kata Direktur Utama PHR Jaffee A Suardin dalam siaran persnya, Kamis, 15 September 2022.
 
PHR, lanjutnya, telah menyiapkan lahan lebih kurang 100 hektare di wilayah operasinya di Duri, Bengkalis, untuk pertanian tanaman pangan. "Inisiatif ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi, menghasilkan bahan pangan yang bermanfaat untuk konsumsi masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi PHR," katanya.
 
Secara nasional, lanjutnya, pemerintah telah mencanangkan Program Ketahanan Pangan sejak 2012, dengan diterbitkannya UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.
 
Baca juga: Sinergi BI-Kemendagri Dinilai Jadi Kunci Pengendalian Inflasi Daerah

 
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan TNI AD mendukung penuh program ketahanan pangan. Ini merupakan dukungan atas upaya pemerintah menurunkan prevalensi stunting dan membantu pemerintah mengatasi dampak ekonomi akibat covid-19.
 
"Bapak Presiden Jokowi, serius sekali meningkatkan kesejahteraan rakyat dan itu pesan beliau kepada saya. Maka saya memerintahkan seluruh TNI-AD harus hadir di tengah masyarakat, apa pun kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi," kata Jenderal Dudung.
 
Dengan menanam jagung secara simbolis pada lahan 10 ha dan akan dilanjutkan pada lahan 100 ha, hasilnya nanti akan dipotong untuk kebutuhan operasional dan sisanya diberikan kepada rakyat.
 
"TNI-AD mendapatkan mandat dari Presiden Joko Widodo untuk mengambil peran membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional, bekerja sama dengan berbagai elemen. Karenanya, saya sangat mengapresiasi respons PHR untuk bersama-sama TNI AD membantu menyejahterakan masyarakat melalui program ini," katanya.
 
Bupati Bengkalis Kasmarni mengharapkan melalui program penanaman jagung itu daerah Bengkalis bisa menjadi daerah swasembada pangan guna memenuhi kebutuhan pangan pedesaan.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif