SVP Marketing Loyalty & CRM Blibli Soegianto Martanto mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kapabilitas dan menerapkan pendekatan yang lebih tepat, lebih dekat, dan lebih familiar bagi pelanggan lewat kanal pesan singkat, seperti WhatsApp.
"Tak hanya untuk urusan penjualan, yang lebih penting lagi adalah memupuk kedekatan dan mendongkrak loyalitas pelanggan. Atas kerja keras tersebut, kami merasa terhormat atas penghargaan ini," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 30 Oktober 2022.
Dalam hal ini, Blibli tidak sekadar mengirimkan pesan kepada seluruh pelanggan namun mengutamakan pesan sesuai dengan consent/persetujuan pelanggan. Hal ini pun sejalan dengan kebijakan penggunaan WhatsApp sebagai saluran komunikasi dengan pelanggan.
"Upaya dalam meningkatkan pengalaman pelanggan ini membuat Blibli berhasil meningkatkan jumlah pelanggan setianya di dua level membership tertinggi pada periode enam bulan terakhir. Pada pelanggan di Infinite Level, Blibli berhasil mencatatkan pertumbuhan 20 persen, sedangkan pelanggan di Premier Level meningkat 30 persen," ujar dia.
Hal tersebut membuat Blibli berhasil meraih penghargaan di Reshape Customer Experience Awards 2022 dalam kategori Best Use of Emerging Messaging Channel. Dalam kategori ini, Blibli berhasil mengalahkan lebih dari 25 perusahaan lainnya yang berpartisipasi.
Baca juga: Gudang Distribusi E-commerce Dinilai Mampu Tekan Inflasi |
Bagi Blibli, masa depan customer experience bergantung pada personalisasi komunikasi dengan pelanggan melalui kombinasi antara teknologi dan data. Blibli telah memaksimalkan segmentasi data untuk menjangkau pelanggan melalui pendekatan yang sesuai dengan minat pelanggan.
Untuk itu, Blibli fokus meningkatkan kedekatan dengan pelanggan di WhatsApp. Hal tersebut menjadi wujud adaptasi, di mana sebelumnya Blibli menjadikan email, push notification, dan OTP (Over The Page) sebagai emerging channel yang dimaksimalkan.
"Kami memaknai penghargaan ini sebagai momentum dalam memperkuat komitmen sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terintegrasi dan terpercaya yang mengutamakan kepuasan pelanggan," kata Soegianto.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News