Ilustrasi Gerai Hero - - FOTO: MI/Himanda
Ilustrasi Gerai Hero - - FOTO: MI/Himanda

Supermarket Jangkau Konsumen Lewat WhatsApp

Ekonomi belanja online whatsapp hypermart hero supermarket
Annisa ayu artanti • 28 April 2020 17:24
Jakarta: Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mencatat sejumlah supermarket besar melakukan terobosan untuk menjangkau konsumen di masa darurat pandemi virus korona. Sebagian membuka layanan pemesanan barang melalui pesan singkat WhatsApp.
 
"Seperti brand (peritel) besar, seperti Transmart, Superindo Hypermart. Sebelumnya enggak ada kepikiran mereka untuk belanja via WhatsApp. Tetapi karena kondisi seperti ini," kata Wakil Ketua Umum Aprindo Fernando Repi dalam siaran virtual di Jakarta, Selasa, 28 April 2020.
 
Menurutnya peritel besar tersebut lebih memilih menggunakan whatsApp agar mempercepat interaksi dan transaksi meski mereka sudah memiliki aplikasi perusahaan sendiri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka justru mau cepet jangkau konsumennya. Jutru kalau ditriger lewat aplikasi harus download aplikasi. Jadi mereka mempercepat pembelian," jelasnya.
 
Namun, kelemahan dalam menggunakan aplikasi pesan singkat tersebut, katanya, berpotensi terjadi ketidaksingkronan antara jumlah barang yang tersedi dengan stok di gudang.
 
"Kalau sistem enggak siap nanti bagaimana inventorynya kalau tidak konsolidasi. Jadi diperitel, kita memang mendorong mereka untuk mulai experience," tukasnya.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif