Alibaba.com Exporter Summit di Hari UMKM. Foto: Dok istimewa
Alibaba.com Exporter Summit di Hari UMKM. Foto: Dok istimewa

UMKM Indonesia Didukung Perluas Akses ke Pasar Global

Eko Nordiansyah • 14 Agustus 2024 21:57
Jakarta: Alibaba.com mendukung pemberdayaan ekonomi digital dengan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mengakses pasar global yang semakin kompetitif. Melalui Alibaba.com Exporter Summit di Hari UMKM, perusahaan asal Tiongkok ini memberikan kesempatan UMKM Indonesia untuk memperluas pasar global.
 
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UKM Indonesia berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional dengan mempekerjakan sekitar 97 persen dari total tenaga kerja. Namun, hanya sekitar 15,7 persen dari UKM yang telah berhasil menembus pasar internasional.
 
Country Manager of Alibaba.com Indonesia, Jessie Lee menyampaikan, UMKM mendapatkan kesempatan untuk memasarkan produk mereka secara internasional dengan harga terjangkau pada paket terbaru yaitu Global Gold Supplier (GGS) versi Lite. Hal ini tentu menjadi peluang UMKM untuk go international.

“GGS Lite merupakan paket berlangganan tahunan termurah dari Alibaba.com dengan harga USD799 atau sekitar Rp12  jutaan. Kami harap opsi paket ini dapat membuka lebih banyak lagi UMKM yang dapat terkoneksi dengan pasar internasional,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Agustus 2024.
 
Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Taspen Dukung Pemberdayaan UMKM

 
Penggiat digital marketing dan pengusaha lokal yang telah melakukan transformasi digital di perusahaannya Siswadhi Pranoto mengatakan, UMKM Indonesia bisa memanfaatkan teknologi digital dan mendapatkan dukungan pendidikan yang tepat. Mereka juga memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global.
 
“UMKM perlu mendapatkan akses ke pelatihan berkelanjutan dan pasar global, sehingga mereka bisa memahami, menguasai proses ekspor dan bahkan bisa praktek langsung bertemu dengan buyer internasional. Dengan sinergi yang tepat, kita dapat mendorong UMKM kita untuk tumbuh dan berkembang di kancah internasional,” ungkap dia.
 
Selama acara tersebut, berbagai inisiatif dan program pelatihan diperkenalkan untuk membantu UMKM meningkatkan literasi digital dan kemampuan ekspor mereka. Salah satunya pengenalan fitur pada Alibaba.com, yang memungkinkan UMKM untuk mengenal produk yang dibutuhkan di pasar internasional, sehingga dapat bersaing di pasar global dengan lebih baik.
 
Kolaborasi antara Alibaba.com dengan mitra di Indonesia juga menjadi kunci untuk sosialisasi produk terbaru ini. Karenanaya dengan dukungan teknologi dan jaringan yang luas, UMKM Indonesia kini memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperluas jangkauan bisnis mereka dan meraih sukses di kancah internasional.
 
Hari UMKM dan Alibaba.com Exporter Summit menjadi bukti bahwa dengan memanfaatkan teknologi dan kolaborasi yang tepat, UMKM Indonesia dapat mengatasi tantangan ekspor dan membuka peluang baru di pasar global. Dukungan dari berbagai pemangku kepentingan menjadi kunci dalam menggerakkan UMKM menuju kesuksesan di era ekonomi digital ini.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan