Air Asia. Foto ; AFP.
Air Asia. Foto ; AFP.

AirAsia Terapkan Prosedur Minim Kontak bagi Penumpang

Ekonomi air asia New Normal
Antara • 13 Mei 2020 19:08
Jakarta: Maskapai penerbangan berbiaya hemat AirAsia akan menerapkan beberapa prosedur nirkontak atau minim kontak bagi penumpang, termasuk pembayaran nirkontak di bandara, kios nirkontak, Passenger Reconciliation System (PRS), serta peningkatan fitur pada aplikasi AirAsia untuk menghindari kontaminasi covid-19.
 
“Selain langkah-langkah keamanan ketat yang ada di lapangan, seperti penanda jarak sosial dan Allstars yang mengenakan alat pelindung diri, kami merasa senang dapat memperkenalkan prosedur nirkontak terbaru kami. Keamanan para tamu dan Allstars merupakan prioritas utama kami,” kata AirAsia Group Chief Operations Officer Javed Malik dikutip dari Antara, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Maskapai telah menyediakan opsi pembayaran nirkontak termasuk pembayaran Wave dengan AliPay dan WeChat Pay di klia2 di Malaysia, yang akan menjangkau bandara lain secara bertahap. Opsi lain seperti BigPay dan Touch N Go juga akan segera tersedia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kios nirkontak tersedia di sebagian besar bandara jaringan AirAsia yang beroperasi di Malaysia, Thailand, Filipina, Indonesia, dan Jepang mulai Rabu, 13 Mei 2020, para tamu dapat mencetak boarding pass dan label bagasi mereka setelah check-in online di airasia.com atau melalui aplikasi AirAsia.
 
Prosedur perjalanan minim kontak lainnya adalah Passenger Reconciliation System (PRS) yang akan tersedia di klia2, diikuti segera oleh bandara-bandara operasional AirAsia lainnya di Malaysia. PRS tidak memerlukan pertukaran boarding pass antara tamu dan petugas keamanan bandara karena tamu hanya perlu memindainya.
 
Selain itu AirAsia juga telah menerapkan pemindaian digital seluruh boarding pass penumpang di gerbang keberangkatan.
 
“Fitur aplikasi AirAsia juga ditingkatkan akhir bulan ini sehingga para tamu dapat memindai paspor mereka melalui aplikasi itu sendiri,” kata Javed sembari menambahkan dalam waktu dekat juga akan dilakukan pengembangan fitur secara bertahap, salah satunya fitur pemindaian visa perjalanan.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif