Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

Kolaborasi Industri Kesehatan dengan UEA Saling Menguntungkan

Ekonomi industri farmasi indonesia-uni emirat arab Erick Thohir Industri Kesehatan vaksin covid-19
Ilham wibowo • 22 Agustus 2020 21:03
Abu Dhabi: Menteri BUMN Erick Thohir memastikan kerja sama industri kesehatan Indonesia dengan perusahaan farmasi ternama di Uni Emirat Arab (UEA) akan saling menguntungkan. Beberapa komitmen telah dituangkan seperti penyediaan vaksin serta alat deteksi penularan covid-19.
 
"Kita pastikan kerja sama yang saling menguntungkan, kalau kita lihat pada saat ini Indofarma dan Kimia Farma yang kita sekarang melakukan kerja sama," kata Erick dalam konferensi pers virtual usai melakukan sejumlah pertemuan di Abu Dhabi, Sabtu, 22 Agustus 2020.
 
Dalam kesempatan tersebut, Erick telah bertemu dengan pihak G42 -perusahaan kesehatan UEA berbasis Kepintaran Buatan (AI). Sejak mewabahnya covid-19, G42 secara aktif terlibat dalam penelitian dan pengembangan aplikasi terkait virus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, G42 bekerja sama dengan perusahaan Kimia Farma untuk vaksin. Kemudian kesepakatan kolaborasi juga dilakukan bersama Indofarma terkait alat tes berbasis teknologi laser serta kecerdasan buatan (AI) untuk pendeteksian covid-19.
 
"Di sinilah kita memastikan bahwa transformasi daripada industri kesehatan Indonesia tidak jago kandang. Tetapi menjadi partner yang baik dalam menjaga distribusi baik di dalam negeri maupun distribusi atau produk Indonesia di luar negeri," paparnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menambahkan bahwa kerja sama dengan UAE tidak hanya terbatas pada penanganan wabah covid-19. Penelitian bersama akan dilakukan pula untuk mengantisipasi potensi kemunculan wabah baru di masa mendatang.
 
"G42 menanggapi positif usulan tersebut, dan bahkan ingin berkunjung ke Indonesia sesegera mungkin," sebut Retno.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif