”AKI merupakan program yang tepat sasaran dan tepat waktu. AKI didesain agar UMKM kreatif naik kelas. Kalau awalnya hanya berani bermimpi, kini produk mereka bisa hadir di mal bersaing dengan brand yang duluan lebih besar,” ujar Sandiaga dikutip dari Antara, Selasa, 9 Agustus 2022.
Menurut dia, dorongan agar UMKM mendunia berdampak sistemik. Sebab, dapat memantik jutaan lapangan kerja baru pada 2022, sekaligus mencapai target 4,4 juta lapangan baru pada 2024.
Baca: Erick Thohir Dorong BUMN Akselerasi UMKM Naik Kelas |
Hal tersebut dikatakan Sandiaga saat menutup AKI 2022 di Jember, Jawa Timur. Karya dari 27 finalis disebut luar biasa.
"Mereka menembus imajinasi, menampilkan produk terbaik, membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Sandiaga.
Kolaborasi dengan berbagai pihak, sebut Sandiaga, diharapkan dapat mengangkat produk-produk ekonomi kreatif. Menurut dia, ada 20 juta UMKM yang terhubung dengan pasar digital.
Sandiaga menginginkan jumlah tersebut bertambah menjadi 30 juta UMKM pada 2023. UMKM itu diharapkan tidak hanya berkiprah di kancah nasional namun juga internasional.
”Kita ingin capai target agar kita semua menjadi duta bangsa Indonesia saat di luar negeri,” ujar Sandiaga.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News