Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/AFP.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno/AFP.

Melalui AKI, Sandiaga Dorong UMKM Indonesia Mendunia

Antara • 09 Agustus 2022 17:14
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkompetisi di pasar global. Dorongan itu dilakukan melalui program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI).
 
”AKI merupakan program yang tepat sasaran dan tepat waktu. AKI didesain agar UMKM kreatif naik kelas. Kalau awalnya hanya berani bermimpi, kini produk mereka bisa hadir di mal bersaing dengan brand yang duluan lebih besar,” ujar Sandiaga dikutip dari Antara, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Menurut dia, dorongan agar UMKM mendunia berdampak sistemik. Sebab, dapat memantik jutaan lapangan kerja baru pada 2022, sekaligus mencapai target 4,4 juta lapangan baru pada 2024.
 

Baca: Erick Thohir Dorong BUMN Akselerasi UMKM Naik Kelas


Hal tersebut dikatakan Sandiaga saat menutup AKI 2022 di Jember, Jawa Timur. Karya dari 27 finalis disebut luar biasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka menembus imajinasi, menampilkan produk terbaik, membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja,” ujar Sandiaga.
 
Kolaborasi dengan berbagai pihak, sebut Sandiaga, diharapkan dapat mengangkat produk-produk ekonomi kreatif. Menurut dia, ada 20 juta UMKM yang terhubung dengan pasar digital.
 
Sandiaga menginginkan jumlah tersebut bertambah menjadi 30 juta UMKM pada 2023. UMKM itu diharapkan tidak hanya berkiprah di kancah nasional namun juga internasional. 
 
”Kita ingin capai target agar kita semua menjadi duta bangsa Indonesia saat di luar negeri,” ujar Sandiaga.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif