Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Jadi Peserta BI-FAST, Ini Untungnya Buat Bank

Eko Nordiansyah • 31 Maret 2023 19:19
Jakarta: PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) resmi bergabung menjadi peserta sistem pembayaran BI-Fast Batch 6 pada 20 Maret 2023 melalui Multi-tenancy Infrastructure Sharing yang dikoneksikan oleh PT Rintis Sejahtera.
 
Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, langkah ini menunjukkan komitmen Amar Bank untuk?? mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan inklusi keuangan melalui teknologi canggih dan solusi keuangan yang inovatif.
 
Menurutnya, implementasi BI-FAST sejalan dengan tujuan Amar Bank sebagai bank digital. Ia menyatakan, Amar Bank terus berkomitmen untuk memberikan dampak sosial bagi masyarakat dan meningkatkan kesehatan finansial serta inklusi keuangan secara berkelanjutan melalui solusi digital. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan menerapkan layanan BI-FAST, kami optimis Amar Bank dapat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional serta memberikan pengalaman layanan transaksi yang mudah dan terjangkau kepada nasabah," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Maret 2023.
 
Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa sistem pembayaran BI-FAST yang memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dan digitalisasi keuangan guna mendukung inklusi keuangan.
 
Saat ini, sistem pembayaran BI-FAST memiliki 122 peserta, mewakili 94 persen dari sistem pembayaran ritel nasional. Sejak diluncurkan pada Desember 2021, Bank Indonesia telah mencatat lebih dari 414 juta transaksi transfer senilai Rp1.393 triliun hingga Oktober 2022, menunjukkan popularitas dan kesuksesan sistem pembayaran tersebut.
 
Baca juga: Peserta BI-FAST Nambah 16 Bank dan Lembaga Nonbank, Cek di Sini Siapa Saja!

 
Ia mengungkapkan, Amar Bank menyediakan solusi keuangan yang dipersonalisasi oleh Artificial Intelligence (AI) dan teknologi cloud. Teknologi ini memungkinkan nasabah untuk menabung, membayar, dan mengelola keuangan mereka secara efektif. 
 
Selain itu, Vishal menyebut, teknologi AI Amar Bank juga dapat menganalisis perilaku nasabah untuk membangun kebiasaan menabung yang baik dalam kehidupan sehari-hari guna mencapai kesehatan finansial yang lebih baik. 
 
"Ke depan, Amar Bank terus berkomitmen untuk memberdayakan individu dan UMKM, terutama mereka yang unbanked dan underserved, melalui kesehatan finansial dan inklusi keuangan yang berdampak," ujar Vishal.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif