Customer sangat berperan penting untuk sirkulasi atau perputaran ekonomi pada sebuah perusahaan ataupun sejenisnya. Pasalnya, customer adalah poros penyumbang dana untuk kelangsungan sebuah bisnis.
Apa itu customer
Secara umum, customer adalah organisasi atau orang yang membeli suatu produk barang atau jasa dari suatu toko maupun bisnis tertentu. Namun, customer tak selalu berbicara tentang konsumen. Pasalnya banyak sebagian besar pelanggan yang berbelanja suatu produk untuk dijual atau diberikan ke orang lain, bukan untuk dikonsumsi atau digunakan sendiri.| Baca juga: Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, dan Contohnya |
Jenis customer
Mengutip laman Accurate, ada tiga jenis customer yang bisa kamu pahami. Antara lain sebagai berikut:1. Internal customer
Biasanya, jenis ini memiliki pengaruh besar terhadap suatu perusahaan. Mereka yang tergolong dalam internal customer adalah karyawan marketing, karyawan operasional, karyawan delivery, HRD, dan lainnya.2. Eksternal customer
Eksternal customer ialah mereka yang berasal dari pihak luar perusahaan yang sudah biasa membeli produk barang atau jasa dari perusahaan tersebut. Biasanya, mereka sangat memperhatikan beberapa point terhadap suatu produk yang ingin dibeli, seperti kualitas, harga, cara pembayaran, kesesuaian keperluan, hingga proses pengiriman.3. Pelanggan antara
Pengertian customer pelanggan antara atau between customer adalah mereka yang memiliki peran sebagai distributor yang membeli barang untuk dijual kembali.Karakteristik customer
Ada banyak karakteristik yang dimiliki masing-masing customer, di antaranya sebagai berikut:- Pelanggan setia.
- Pelanggan mencari potongan harga atau diskon.
- Pelanggan baru/pertama.
- Pelanggan impulsif (tidak banyak tanya).
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id