Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, dan Contohnya

Medcom • 31 Juli 2024 12:54
Jakarta: Di sebuah bisnis yang sukses, Kamu harus pandai dalam menganalisis proses usaha dengan teratur dan beroperasi seefisien mungkin.
 
Terdapat beberapa cara untuk menilai sebuah perusahaan yang sangat efektif, salah satunya ialah metode SWOT.
 
SWOT sendiri terdiri dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).

Apa itu Analisis SWOT

Melansir accurate, analisis SWOT adalah sebuah metode yang biasa dilakukan untuk melakukan perencanaan strategi yang kita menganalisis kekuatan, peluang, kelemahan, serta ancaman untuk menjadi bahan evaluasi dasar.
 
Analisis SWOT dapat digunakan untuk membuat strategi yang lebih efektif. Dengan memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, organisasi dapat membuat strategi yang memanfaatkan kekuatan dan peluangnya, serta mengatasi kelemahan dan ancamannya.
 
Baca juga: 

Kenali Bisnis Sarang Burung Walet yang Raup Puluhan Juta Sekali Panen

Tujuan Analisis SWOT 

Berikut adalah tujuan utama analisis SWOT. Yang di antaranya sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi.
  2. Mengidentifikasi peluang dan ancaman yang ada di lingkungan eksternal organisasi.
  3. Memformulasikan strategi yang memanfaatkan kekuatan dan peluang, serta mengatasi kelemahan dan ancaman.
  4. Membuat keputusan yang lebih tepat dan efektif.
  5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi.
  6. Meningkatkan daya saing organisasi.
  7. Mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
Baca juga: 

Deretan Bisnis Rumahan yang Nggak Ada Matinya, Berani Coba? 

Contoh Analisis SWOT 

Analisis SWOT pada produk makanan ringan tentunya sangat diperlukan, mengingat bisnis ini cukup berdampingan dengan banyak kompetitor atau pesaing. Berikut ini adalah contoh analisis SWOT dari usaha makanan ringan.
 
Strengths (Kekuatan)
 
- Kemasan yang menarik.
- Pendistribusian luas melalui toko besar hingga toko kecil.
- Variasi produk yang beragam.
 
Weakness (Kelemahan)
 
- Makanan yang kurang sehat karena mengandung MSG dan sebagainya.
- Banyaknya saingan produk makanan ringan.
- Harga bahan baku yang semakin naik.
 
Opportunity (Peluang)
 
- Pemasaran produk melalui online dan e-commerce.
- Menambah varian produk.
- Rebrand kemasan menjadi lebih menarik dan ramah lingkungan.
 
Threats (Ancaman)
 
- Merek dagang yang belum terdaftar memungkinkan adanya gugatan.
- Persaingan antara produk semakin ketat.
- Isu terkait kandungan bahan makanan ringan.
 
Itulah informasi lengkap mengenai analisis SWOT. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Sobat Medcom ya. (Syarief Muhammad Syafiq)
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan