Kelapa Sawit. Foto : AFP.
Kelapa Sawit. Foto : AFP.

Pemprov Sumatra Selatan Atasi Ketimpangan Harga Sawit

Antara • 10 Agustus 2022 13:53
Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan mengatasi ketimpangan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani dengan mengeluarkan Surat Keputusan dan Peraturan Gubernur dalam waktu dekat.
 
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan pembuatan regulasi ini merupakan upaya memperbaiki sektor perkebunan sawit supaya bisa menyejahterakan petani.
 
baca juga: Kemenkeu Pangkas Ambang Batas Harga Referensi Pajak Ekspor CPO

Saat ini harga TBS di tingkat petani sedang anjlok dengan harga berkisar Rp1.000 per kilogram (kg). Menurutnya, perlu adanya pembenahan sektor perkebunan sawit agar petani tak selalu menjadi pihak yang dirugikan.
 
Guna menghindari terjadinya ketimpangan harga jual TBS kelapa sawit Herman Deru menilai perlu diterbitkan Surat Keputusan (SK) dan Peraturan Gubernur. Upaya ini juga untuk menyelaraskan harga sawit yang sesuai dengan SK Menteri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Regulasi yang dikeluarkan pemerintah daerah ini diharapkan dapat menjadi acuan," kata dia, dikutip dari Antara, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Terkait perbaikan sektor perkebunan sawit ini, dia pun mengajak semua pihak, termasuk Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sumsel, untuk mendorong kesejahteraan petani.
 
Pemerintah Sumsel saat ini memiliki program replanting atau peremajaan sawit dan hal itu tentu harus mendapat dorongan dari Apkasindo sehingga dapat dimanfaatkan para petani.
 
Herman Deru juga mendorong agar Apkasindo mendirikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sendiri untuk menampung TBS sawit yang dihasilkan para petani. Dengan adanya pabrik tersebut, Apkasindo dapat lebih mandiri dan terus bergantung dengan pihak lain sehingga bisa langsung diolah menjadi CPO.
 
"Paling tidak daya tahan CPO itu lebih lama dari TBS," ujar dia.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif