Ilustrasi industri garmen. Foto: MI/Atet
Ilustrasi industri garmen. Foto: MI/Atet

Kemnaker Ungkap Penyebab PHK Industri Padat Karya

Annisa ayu artanti • 02 November 2022 15:00
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengungkapkan pemicu terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dilakukan perusahaan, khususnya industri padat karya belakangan ini. 
 
Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker, Indah Anggoro Putri mengatakan setelah melakukan koordinasi dengan lintas kementerian/Lembaga, Dinas-dinas Ketenagakerjaan, serta mitra diketahui PHK merupakan opsi terakhir yang dipilih perusahaan. 
 
“Kami telah menerima beberapa informasi terkait jumlah PHK, khususnya di sektor industri padat karya orientasi ekspor seperti garmen, tekstil, dan alas kaki,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 2 November 2022.
 
Baca juga: Permintaan dari Tiongkok dan AS Turun, Industri Garmen Ambil Opsi PHK 

Ia juga menjelaskan, sejumlah penyebab terjadinya PHK beberapa waktu ini di antaranya adalah dampak pandemi covid-19 yang masih dirasakan, transformasi bisnis di era digitalisasi, hingga geopolitik global yang berdampak pada melemahnya daya beli di sejumlah negara tujuan ekspor produk Indonesia.
 
Guna mencegah semakin banyak jumlah PHK dan perselisihan hubungan industrial, Putri menambahkan, pihaknya akan terus melakukan upaya-upaya di antaranya mendorong dialog bipartit antara manajemen/pelaku bisnis dan serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB), utamanya pada sektor industri padat karya berorientasi ekspor dan industri berbasis platform digital.
 
“Dialog ini bertujuan untuk mencari titik temu atas kendala di tingkat perusahaan yang akan berdampak pada PHK dan perselisihan hubungan iindustrial," ucapnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif