Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani - - Foto: Medcom
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani - - Foto: Medcom

Percepat Cuti Bersama, Ini Kata Apindo

Ekonomi Mudik Lebaran Tenaga Kerja Dunia Usaha apindo Cuti Bersama Idulfitri 1443 Lebaran 2022 Pengusaha Mudik Lebaran 2022
M Ilham Ramadhan • 24 April 2022 19:30
Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyerahkan sepenuhnya mekanisme cuti karyawan kepada pemberi kerja. Hal ini seiring dengan imbauan terhadap dunia usaha untuk mempercepat cuti bersama demi menghindari kepadatan arus mudik dan balik Lebaran 2022.
 
"Itu ditentukan oleh perusahaan masing-masing. Kalau dari Apindo tidak ada keharusan untuk dipercepat atau lainnya. Jadi dikembalikan ke tiap perusahaan," ujarnya saat dihubungi, Minggu, 24 April 2022.
 
Menurutnya, bila pemberi kerja memperkenankan untuk mempercepat cuti karyawan, itu tidak akan mengubah jumlah cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau cuti bersama itu dipercepat, otomatis selesainya lebih cepat juga," kata Hariyadi.
 
Dia menambahkan, percepatan cuti sedianya merupakan imbauan dari Kepolisian Republik Indonesia. "Jadi itu imbauan dan sah-sah saja untuk dilakukan," jelas Hariyadi.
 
Wacana untuk mempercepat cuti bersama diungkapkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia mengimbau agar perusahaan swasta dapat mengatur sedemikian rupa mengenai waktu cuti bersama.
 
Imbauan itu ia keluarkan untuk mengantisipasi penumpukan pemudik di H-3 Hari Raya Idulfitri. "Kita mengimbau kepada instansi, khususnya swasta untuk bisa mengatur waktu cuti bagi perusahaannya karena Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan peraturan untuk bisa mengatur cuti secara fleksibel," ujar Sigit. 
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif