Petugas keamanan melakukan pemeriksaan tiket kereta kepada pemudik di stasiun Pasar Senen, Jakarta (26/05/2019). Foto: dok MI/Pius Erlangga.
Petugas keamanan melakukan pemeriksaan tiket kereta kepada pemudik di stasiun Pasar Senen, Jakarta (26/05/2019). Foto: dok MI/Pius Erlangga.

KAI: 39% Tiket Kereta Api Sudah Terjual

Ekonomi kereta api PT KAI Kereta Api Jarak Jauh Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Annisa ayu artanti • 15 April 2022 17:52
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat per 15 April 2022 telah menjual 967.122 tiket kereta api jarak jauh. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah tersebut merupakan 39 persen dari total tiket yang disediakan untuk masa angkut Lebaran 2022.
 
"KAI melihat bahwa tiket kereta pada masa angkutan Lebaran secara umum masih cukup banyak tersedia. KAI mengimbau kepada masyarakat untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya," kata Joni dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 15 April 2022.
 
Ia menjelaskan, pada masa angkutan Lebaran yang ditetapkan yaitu H-10 sampai dengan H+10 atau 22 April hingga 13 Mei 2022, rute-rute yang menjadi favorit masyarakat diantaranya Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Yogyakarta pp, dan Jakarta - Malang pp. Adapun tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 Mei dan 8 Mei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, pada periode long weekend pekan ini yakni 14-17 April 2022, volume pelanggan KA Jarak Jauh tercatat sebanyak 209.370 pelanggan atau rata-rata 52.343 pelanggan per hari.
 
Okupansi KA Jarak Jauh pada periode libur panjang ini yaitu 51 persen dari total tempat duduk yang disediakan. Pihak KAI pun terus mengingatkan kepada pelanggan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
"KAI mengingatkan pelanggan terkait penerapan protokol kesehatan, di momen long weekend ini pula kami mengimbau kepada pelanggan untuk segera melakukan vaksin booster agar perjalanan dengan kereta api tetap sehat dan nyaman," ucapnya.
 
Pelanggan KA Jarak Jauh yang sudah mendapatkan vaksin ketiga tidak perlu lagi menunjukkan hasil screening covid 19 pada saat boarding. Bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, maka wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam atau RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam. Sementara jika baru mendapatkan vaksin dosis pertama, maka diwajibkan melampirkan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.
 
Bagi yang belum atau tidak dapat divaksin karena kondisi medis atau komorbid, maka wajib melampirkan surat keterangan dari RS Pemerintah dan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.
 
Bagi pelanggan usia 6-18 tahun yang saat ini belum bisa mendapatkan vaksin booster, maka tetap diharuskan untuk menunjukkan hasil screening covid 19. Sedangkan untuk pelanggan di bawah 6 tidak harus menunjukkan bukti vaksin atau screening covid 19 tapi harus didampingi oleh orang dewasa pada saat perjalanan.
 
"KAI akan terus menjaga penerapan protokol kesehatan serta pelayanannya di libur long weekend ini sebelum tiba peak season lainnya yaitu Angkutan Lebaran," pungkasnya.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif