Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: MI.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: MI.

Menko Airlangga Ajak Generasi Muda Ikut Majukan Industri Otomotif

Antara • 01 Oktober 2022 19:14
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto ingin generasi muda ikut andil dalam memajukan industri otomotif, terutama di pasar aftermarket dan mobil bekas karena aktivitas modifikasi mampu memajukan industri dalam negeri.
 
baca juga: Motif Menko Perekonomian Memberikan Dukungan kepada IMX 2022

“Modifikasi mendorong industri dalam negeri. Dan kali ini, Pak Bambang (Soesatyo, Ketua MPR RI dan Ketua IMI), menantang anak muda dan YouTuber untuk modifikasi mobil mereka dengan kreatif,” kata Airlangga dikutip dari Antara, Sabtu, 1 Oktober 2022.
 
Lebih lanjut, Menteri Airlangga juga berharap industri otomotif khususnya di sektor modifikasi dan mobil bekas mampu mendorong nilai tambah di industri ini.
 
“Modifikator punya pasar di dalam dan luar negeri. Ada kekuatan craftmanship di dalamnya, dan modifikator adalah tenaga ahli yang memiliki keahlian sendiri berupa handskill dan teknologi,” ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, pemerintah turut hadir dalam mendukung industri otomotif khususnya di modifikasi kendaraan. Airlangga memberikan contoh dimana Kementerian Perindustrian sudah membuat program terkait yang secara teknis pun dapat dipertanggungjawabkan.
 
Di sisi lain, Menko Airlangga mengatakan bahwa industri aftermarket, selama pandemi dua tahun terakhir mengalami peningkatan penjualan. Untuk mobil bekas, ia memaparkan peningkatan sebesar 8 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Menurut Airlangga, terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah pergeseran gaya hidup (lifestyle) dari masyarakat yang kini mampu membeli mobil bekas dengan cepat dan mudah.
 
“Ada perpindahan lifestyle dari pembelian mobil bekas yang sebelumnya langsung ke showroom, sekarang sudah bisa dilakukan di rumah. Mereka (pelaku usaha yang beralih ke digital) bisa mengubah tantangan menjadi peluang,” kata dia.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif