Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: MI/ Pius Erlangga
Menteri BUMN Erick Thohir - - Foto: MI/ Pius Erlangga

Erick Thohir Berencana Gabungkan Angkasa Pura

Ekonomi angkasa pura ii angkasa pura 1 Holding Penerbangan Kenormalan Baru
Ilham wibowo • 09 Juni 2020 16:34
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir berencana menggabungkan pengelola bandara Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II. Rencana tersebut merupakan langkah efisiensi bisnis perusahaan pelat merah di era kenormalan baru.
 
"Nanti yang namanya Angkasa Pura akan digabungkan menjadi satu, di sana akan digabungkan juga dengan logistik-logistik udara yang ada keterkaitan," kata Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 9 Juni 2020.
 
Erick mengatakan dalam rencana itu, Angkasa Pura juga akan bergabung dengan kegiatan-kegiatan logistik di bandara. Sinergi bisnis penerbangan dengan logistik ini sudah diterapkan oleh negara-negara lain. Hal ini imbas anjloknya industri penerbangan akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi ini bagian efisiensi yang terjadi seperti yang kita lihat banyaknya di negara-negara Timur Tengah seperti Emirates atau Qatar yang sudah menyinergikan logistik udara dan juga servis daripada airport-nya," jelas Erick.
 
Adapun BUMN memiliki dua otoritas pengelola bandar udara yakni AP I dan AP II. AP I mengelola 15 bandara, sedangkan AP II mengelola 19 bandara secara nasional.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif