Ilustrasi. Foto: MI/IIs Zatnika
Ilustrasi. Foto: MI/IIs Zatnika

Koperasi Bisa Bantu Atasi Perlambatan Akibat Korona

Ekonomi Virus Korona koperasi
Antara • 08 Maret 2020 16:18
Jakarta: Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar menilai koperasi dapat menjadi senjata yang hebat untuk menghadapi kondisi perekonomian nasional maupun global yang mengalami perlambatan.
 
"Jika perekonomian nasional melambat, koperasi diyakini bisa menjadi obat bagi permasalahan tersebut," ujarnya saat sosialisasi UU Nomor 5/1992 di Rumah Makan Kampoeng Pati di Jalan Pati-Rembang, yang dikutip dari Antara, Minggu, 8 Maret 2020.
 
Hal itu, lanjut dia, bisa terjadi karena koperasi memiliki rasa solidaritas sosial antar anggotanya serta menjadi motor penggerak ekonomi di level paling bawah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keunggulan lainnya, koperasi mampu menghidupkan permasalahan simpan pinjam permodalan dengan bunga yang wajar dan terjangkau.
 
Menurut dia keberlangsungan ekonomi di Tanah Air bisa terwujud karena ada koperasi serta usaha mikro kecil menengah (UMKM).
 
Dengan sikap kegotongroyongan yang dimiliki koperasi, kata dia, ekonomi tidak tergoyahkan dari kerangka besar nasional.
 
"Koperasi juga menjadi perhatian serius banyak pihak karena mampu menggerakkan seluruh sektor ekonomi di Indonesia," ujarnya.
 
Ia juga mendukung upaya penguatan koperasi yang dilakukan pemerintah agar bisa dirasakan oleh masyarakat luas.
 
Politisi dari PKB itu, juga mendukung aturan soal koperasi dimasukkan ke dalam omnibus law, sehingga aturan yang sebelumnya dinilai berbelit-belit bisa lebih disederhanakan.
 
Ia juga mendorong pembuatan percontohan koperasi yang dibentuk oleh pemerintah maupun yang dibentuk masyarakat atas inisiasi pemerintah sehingga cita-cita Bung Hatta soal kegotongroyongan ekonomi bisa terwujud dengan baik.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif