Webinar literasi digital dengan tema 'Tips Digital: Tiktok for Business'. Foto Istimewa.
Webinar literasi digital dengan tema 'Tips Digital: Tiktok for Business'. Foto Istimewa.

Melek Digital, Cara Ampuh Cegah Penipuan dan Cyber Bullying

Husen Miftahudin • 27 September 2022 15:54
Jakarta: Pemerintah mendorong masyarakat untuk dapat beradaptasi menggunakan aplikasi digital dan meningkatkan kompetensi digital masyarakat. Ini dimaksudkan agar masyarakat semakin dapat beradaptasi menggunakan teknologi digital dan mampu membentengi diri dari risiko penggunaan internet seperti penipuan online dan cyber bullying.
 
Terkait hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggandeng Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program 'Indonesia Makin Cakap Digital' pada 2021.
 
"Dalam perjalanannya program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten/kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia dan berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital," kata Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangan tertulis, Selasa, 27 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan survei Kemenkominfo bersama Kata Data pada 2021, indeks literasi digital masyarakat Indonesia berada pada level 'sedang' dengan skor 3.49. Hal ini merupakan suatu peningkatan jika dibandingkan dengan kondisi serupa di 2020 yang menunjukkan skor 3,46.
 
Menkominfo Johnny G. Plate dalam sambutan program Makin Cakap Digital menyatakan pihaknya akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level 'baik', Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital.
 
"Pada 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital tersebut dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar," tuturnya.
 
Kegiatan literasi digital diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi upaya menghentikan penyebaran berita hoaks serta dampak negatif dari penyalahgunaan internet dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia melalui beragam program edukasi kecakapan literasi digital.
 
Baca juga: Jalankan Amanat UU, Kominfo Sediakan Akses Informasi kepada Masyarakat

 
Menurutnya, dengan literasi digital juga akan tercipta tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif. Anggota masyarakat tidak akan mudah termakan oleh isu yang provokatif dan menjadi korban informasi hoaks atau korban penipuan yang berbasis digital. 
 
Literasi digital di Sumatra dan sekitarnya
 
Kegiatan webinar literasi digital untuk komunitas dan masyarakat di wilayah Sumatra dan sekitarnya telah diselenggarakan pada Senin, 26 September 2022 dengan mengangkat tema 'Tips Digital: Tiktok for Business'.
 
Dalam webinar tersebut, Business Consultant & Praktisi Literasi Digital Syarif Maulana membahas tips Tiktok for Business ditinjau dari perspektif cakap digital. Dia bilang, ada empat keunggulan Tiktok yang perlu diketahui.
 
"Pertama, adanya fitur Tiktok shop dan Tiktok seller. Kedua, tiktok merupakan platform yang menyediakan video dengan unik dan memiliki musik, sehingga menarik pengguna untuk dapat menciptakan video yang menarik. Ketiga, menjadi platform yang paling banyak di-download. Terakhir, bisnis di tiktok tidak memerlukan follower yang banyak," papar dia.
 
Ketua Prodi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital Bayu Sutjiatmo memperkaya pembahasan mengenai tips Tiktok for Business ditinjau dari perspektif etika digital. Terdapat tiga etika yang perlu dilakukan setiap melakukan pemasaran melalui Tiktok.
 
"Pertama, hindari menggunakan konten produk milik orang lain. Kedua, selalu menyapa dan berkomunikasi dengan baik dan santun kepada konsumen. Terakhir, tidak menjelek-jelekan produk lain dalam melakukan promosi atau memberikan penjelasan kepada konsumen," jelas Bayu.
 
Podcaster & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat Rizki Nugroho melengkapi pembahasan mengenai tips Tiktok for Business ditinjau dari perspektif keamanan digital. Terdapat tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan dalam melakukan pemasaran melalui Tiktok.
 
"Pertama, tidak sembarangan memberikan kode OTP kepada orang lain. Kedua, gunakan watermark setiap kali melakukan post konten. Terakhir, selalu melakukan penggantian password secara berkala," pungkas Rizki.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif