Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Newsroom, Dimas Aditya Nugraha. Dok. Istimewa
Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Newsroom, Dimas Aditya Nugraha. Dok. Istimewa

Jalankan Amanat UU, Kominfo Sediakan Akses Informasi kepada Masyarakat

Achmad Zulfikar Fazli • 27 September 2022 12:33
Padang: Pemerintah memiliki kewajiban menyediakan dan membuka akses informasi publik seluas-luasnya kepada masyarakat. Hal ini merupakan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi.
 
Perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Newsroom, Dimas Aditya Nugraha, mengatakan pemerintah menghadapi tantangan yang terus berkembang dalam penyampaian informasi. Pada awal era reformasi, semua orang bebas menyebarkan informasi. Sehingga tantangan pemerintah pada saat itu mencari bentuk sistem komunikasi agar informasi dapat menjangkau seluruh masyarakat. 
 
Saat ini, media sosial telah menjadi pilar kelima dalam demokrasi. Tantangan pemerintah dalam penyebaran informasi semakin beragam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, pemerintah tidak hanya berhadapan dengan media mainstream tetapi juga konten kreator. Bahkan akibat banjirnya informasi, hoaks dan misinformasi juga menjadi tantangan di era transformasi digital,” jelas Dimas dalam kegiatan Indonesia.go.id Menyapa, yang diselenggarakan di Padang, dilansir Selasa, 27 September 2022.
 
Dimas menjelaskan situs pemerintah masih menjadi pilihan masyarakat untuk mencari informasi meskipun bukan yang utama. Ada banyak cara yang digunakan pemerintah untuk menyampaikan informasi, salah satunya melalui portal Indonesia.go.id.
 
“Kominfo newsroom memanfaatkan banya platform baik media online, media sosial, konten berbentuk audio visual, TV, bahkan media cetak untuk menjangkau masyarakat di daerah terpencil yang disebar melalui perpustakaan keliling,” kata Dimas.
 
Sementara itu, Redaktur Perlaksana Indonesia.go.id, Elvira Inda Sari, menjelaskan Indonesia.go.id adalah portal resmi Indonesia. Portal yang dahulu dikelola Kementerian Sekretaris Negara ini, kini telah dikelola Kominfo sejak Desember 2018. Portal Indonesia.go.id menempatkan diri sebagai beranda Indonesia. Semua informasi yang tentang Indonesia dirangkum di portal ini.
 
Indonesia.go.id mengiformasikan kebijakan pemerintah secara komprehensif. Mencoba membahasakan kebijakan pemerintah dengan bahasa yang mudah-mudahan bisa dimengerti oleh masyarakat luas,” kata Elvira.
 
Pada kesempatan tersebut, Elvira mengajak para peserta yang merupakan mahasiswa ilmu komunikasi di Kota Padang menjadi kontributor portal Indonesia.go.id, dengan memberikan konten-konten positif yang diharapkan akan memberikan perbaikan kepada wajah baru Indonesia.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif