Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

UU Cipta Kerja Berpotensi Tarik Eksodus Investor dari Tiongkok

Ekonomi investasi Omnibus Law UU Cipta Kerja
Whisnu Mardiansyah • 18 November 2020 21:25
Jakarta: Pengesahan Undang Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja dinilai menjadi karpet merah untuk eksodus investor dari Tiongkok. Selama pandemi, banyak investor yang menarik investasinya dari Negeri Tirai Bambu.
 
Pengamat ketenagakerjaan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Tajuddin Noer Effendi mengatakan ada beberapa perusahaan besar di Tiongkok yang akan hengkang. Menurut Effendi, momentum tersebut bisa dimanfaatkan untuk menarik investasi ke Indonesia.
 
"Kabarnya ada sekitar 120-an perusahaan dari China yang akan pindah ke Asia Tenggara. Itu menjadi peluang maka dipercepat, dan pandemi ini sebagai pemacunya," kata Effendi, Rabu, 18 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peluang ini bisa terlewatkan jika regulasi masih berbelit. Effendi mengatakan jika dibandingkan dengan Vietnam, Indonesia masih memiliki sejumlah aturan yang tidak ramah bagi investor. Butuh waktu berbulan-bulan mengurus perizinan, sedangkan di Vietnam dapat selesai dalam sepekan.
 
"Pernah kejadian 23 industri pindah dari China ke Asia Tenggara, semua masuk ke Vietnam karena mereka mengatakan Indonesia aturannya tidak bersahabat dengan investor. Makanya pemerintah berubah, makanya dibuatlah Omnibus Law. UU lama, terutama 2013 tidak bersahabat," kata Effendi.
 
Baca: UU Ciptaker Dinilai Menjawab Investasi Ramah di Indonesia
 
Effendi menegaskan masyarakat harus serius memaknai UU ini isinya menolong pekerja yang belum mendapatkan pekerjaan. Dengan menarik investasi, dapat menciptakan lapangan kerja dan menekan angka pengangguran.
 
"Investasi kan tidak serta merta datangnya, makanya atas inisiatif Presiden Jokowi menyederhanakan UU yang berkaitan dengan investasi. Di negara lain, tetangga kita memang ada UU yang tidak terlalu rumit. Jadi birokasi dipangkas rente ekonomi tidak akan ada lagi," kata Effendi.
 
(AZF)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif