Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan transformasi digital yang dilakukan PGN cukup cepat. Ia bilang trennya mulai 2019, dari customer centric bergeser ke customer experience.
“Ini (digital transformation) penting, karena kita tidak bisa membangun digital berdasarkan apa yang kita ketahui. Tetapi apa yang berdasarkan pengalaman pelanggan terhadap program kita,” ujar Faris dalam keterangan resmi, Kamis, 20 Mei 2021.
Faris mengatakan pandemi covid-19 mendorong agenda transformasi digital dan penggunaan teknologi. Ia bilang PGN meningkatkan desain website agar lebih fungsional dengan menghadirkan simulasi biaya energi gas bumi, informasi tagihan gas, technical service request, informasi kemitraan, co-branding produk, response time PGN contact center di bawah delapan jam. Ia meyakini fitur-fitur tersebut dapat menciptakan pengalaman bagi pelanggan.
PGN juga telah memiliki aplikasi PGN Register pada 2015 untuk memudahkan pelanggan melakukan registrasi berlangganan gas. Lalu dikembangkan lagi, sehingga PGN meluncurkan aplikasi PGN Mobile pada 2016 yang dapat diunduh melalui Play Store dan Apple Store. Saat ini PGN Mobile telah aktif digunakan oleh lebih dari 50 ribu pelanggan.
“PGN Mobile juga memuat informasi mengenai tagihan gas bumi, infrastruktur gas bumi PGN, lokasi SPBG, dan fitur lainnya. Kini juga dapat digunakan untuk registrasi online berlangganan gas PGN,” ujar Faris.
Sedangkan aplikasi Rely On PGN, memperbolehkan calon pelanggan untuk registrasi secara online. Dengan aplikasi ini juga, pendaftaran pelanggan rumah tangga hingga pelaporan proses gas in dapat dipantau secara real time. Pelanggan mendapatkan notifikasi langsung melalui SMS atas proses tahapan berlangganan sampai gas mengalir. Lebih dari 167 ribu pelanggan telah teregistrasi dengan mekanisme digital dan sudah diterbitkan bukti berlangganan gas.
Kemudian ada aplikasi PGN Partner untuk pelaporan aktivitas di lapangan. Sepanjang 2020, lebih dari 10 ribu aktivitas lapangan telah dilakukan dalam rangka gas-in. Sehingga, tercipta transparasi proses pelaporan pekerjaan lapangan, kejelasan tahapan, dan dokumentasi yang lebih detail.
Selain itu, PGN meluncurkan produk Gas Data meliputi informasi pemakaian gas yang tercatat secara real time, harian, maupun bulanan. Dengan layanan ini, informasi pemakaian gas dapat diakses secara online dan memudahkan dalam monitoring pemakaian gas.
Product development lainnya yaitu Gas Deposit. Gas yang sudah dibayarkan namun belum terpakai dapat disimpan selama periode enam bulan untuk pelanggan Sinergi. Ada juga Multi Destination Scheme (Muldes) yaitu akumulasi volume kontrak untuk perusahaan yang memiliki satu induk perusahaan, sehingga bisa mendapatkan fleksibelitas volume penyerapan gas untuk berbagai lokasi.
PGN pun bekerja sama dengan beberapa channel pembayaran online seperti Tokopedia, Link Aja, Blibli.com, Dana, dan Gopay.
“Fokus costumer experience diharapkan dapat memberikan pelayanan yang menyenangkan dan memuaskan, karena pelanggan merasa dihargai selama menggunakan produk gas bumi PGN. Pelayanan yang baik pun akan meningkatkan loyalitas pelanggan,” jelas Faris.
Saat ini, PGN memiliki lebih dari 500 ribu pelanggan di berbagai sektor, sehingga PGN mengembangkan produk berdasarkan kebutuhan pelanggan dalam menggunakan gas bumi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News