Ilustrasi pengunjung di pusat perbelanjaan saat PPKM level 1 - - Foto: MI/ Fransisco
Ilustrasi pengunjung di pusat perbelanjaan saat PPKM level 1 - - Foto: MI/ Fransisco

Kebijakan PPKM Level 3 saat Nataru Dinilai Tak akan Efektif

Ekonomi natal dan tahun baru Pusat Perbelanjaan Protokol Covid-19 protokol kesehatan PPKM PPKM Darurat PPKM level 3 PPKM Diperpanjang
Nia Deviyana • 26 November 2021 19:25
Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengkhawatirkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 selama periode Natal dan Tahun Baru 2022 tidak akan efektif. 
 
Alphonzus merujuk pada pengalaman momen-momen libur panjang sebelumnya. "Pembatasan yang bersifat sesaat dikhawatirkan tidak efektif karena berdasarkan pengalaman yang lalu pada akhirnya masyarakat mendahului ataupun melakukan curi start sebelum pembatasan berlaku efektif," ujarnya saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 26 November 2021.
 
Selain itu, pembatasan di pusat perbelanjaan justru malah membuka peluang adanya kerumunan di rumah-rumah dan mengabaikan protokol kesehatan. Hal tersebut, lanjut Alphonzus, jauh lebih berisiko karena jauh dari jangkauan pengawasan.
 
"Masyarakat bisa saja melakukan aktivitas ataupun kegiatan di tempat sendiri dengan mengundang keluarga, sanak saudara, teman, kolega dan lainnya tanpa memperhatikan protokol kesehatan karena tidak ada yang mengawasi dan merasa lebih aman karena berkegiatan dan beraktifitas di tempat sendiri serta berkumpul dengan semua yang sudah dikenal. Padahal, tidak demikian adanya," paparnya.
 
Sebelumnya, pemerintah menetapkan kebijakan PPKM level 3 di seluruh wilayah selama periode Natal dan Tahun Baru yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Aturan tersebut berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif