Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan - - Foto: MI/ Ramdani
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan - - Foto: MI/ Ramdani

Populer Ekonomi: Pekerja Asing, Ojol, hingga Pembuatan SIM dan STNK Wajib Punya BPJS Kesehatan

Desi Angriani • 21 Februari 2022 08:26
Jakarta: Sejumlah berita dalam negeri kembali menarik perhatian para pembaca Medcom.id. Dari kanal ekonomi, berita pekerja asing, pengemudi ojek online, pembuatan SIM hingga STNK wajib memiliki kartu BPJS Kesehatan paling banyak dibaca pada Minggu, 20 Februari 2022.
 
Masih ada berita lainnya yang juga masuk dalam daftar populer harian ekonomi. Berikut rangkuman berita selengkapnya:
 
1. Pekerja Asing hingga Pengemudi Ojek Online Wajib Jadi Peserta BPJS Kesehatan
 
Semua profesi mulai dari tenaga kerja asing hingga pengemudi ojek online dikenakan kewajiban mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau BPJS Kesehatan.
 
Hal ini seiring dengan diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Presiden menginstruksikan seluruh menterinya, hingga jaksa agung, kapolri, gubernur dan wali kota untuk mengoptimalisasi program JKN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca selengkapnya di sini
 
2. Mulai Maret, Bikin SIM dan STNK Harus Ikut Kepesertaan BPJS Kesehatan
 
Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mulai Maret 2022 harus menyertakan bukti kepesertaan BPJS Kesehatan sebagai syaratnya.
 
Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
 
Baca selengkapnya di sini
 
3. Simak Simulasi JHT bagi yang Terkena PHK
 
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan simulasi manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 
Melalui akun instagram resmi @kemnaker yang dikutip Medcom.id, Minggu, 20 Februari 2022 manfaat JHT yang diterima oleh pekerja yang di-PHK, tidak langsung dicairkan, akan jauh lebih besar.
 
Baca selengkapnya di sini
 
4. Menteri ESDM: DME Lebih Hemat Dibanding LPG
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan efisiensi pembakaran dimethyl ether atau DME lebih baik ketimbang Liquefied Petroleum Gas (LPG). Sehingga layak menjadi bahan bakar alternatif untuk program substitusi energi di Indonesia.
 
Dari sekitar 200 percobaan yang dilakukan oleh Lemigas, efisiensi LPG pembakaran DME juga lebih baik dibanding LPG.
 
Baca selengkapnya di sini
 
5. Paket Wisata MotoGP Dipatok Rp1,5 Juta/Orang, Dapat Apa Saja?
 
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapkan paket perjalanan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 senilai Rp1,5 juta per orang.
 
Jumlah tersebut sudah mencakup penginapan atau homestay, konsumsi, dan transportasi (shuttle kapal dan bus), serta tiket menonton MotoGP. Pemerintah pun menghadirkan 98 sarana hunian pariwisata (Sarhunta) di Gili Trameno, NTB untuk penginapan bagi penonton MotoGP, yang kegiatannya berlangsung pada 18-20 Maret 2022.
 
Baca selengkapnya di sini

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif