Kemenparekraf berkolaborasi dengan Netflix mendukung kampanye Wonderful Indonesia. Foto: Metro TV
Kemenparekraf berkolaborasi dengan Netflix mendukung kampanye Wonderful Indonesia. Foto: Metro TV

Promosikan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Gandeng Netflix

Putri Purnama Sari • 06 September 2022 16:34
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwista dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Netflix selaku layanan streaming terpopuler untuk mendukung kampanye Wonderful Indonesia.
 
Kerjasama antara Kemenparekraf dengan Netflix ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Ni Wayan Giri Adnyani selaku Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang juga sebagai Sekretaris Kemenparekraf, Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara Netflix Ruben Hattari.
 
Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Vice President of Global Public Policy Netflix, Dean Garfield.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kesempatan itu Sandiaga Uno dan Dean sempat berbincang tentang potensi Indonesia yang akan ditampilkan melalui tayangan Netflix. Sandi mengatakan konten hiburan memiliki potensi yang besar membuat Indonesia lebih dikenal dunia.
 
Apalagi, saat ini Netflix memiliki 220 juta subscribers di seluruh dunia. Penayangan kontennya tentang Indonesia pun nantinya diharapkan bisa mendatangkan turis yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata tanah air.
 
Kerja sama juga mencakup pembuatan ragam konten yang mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Mulai dari destinasi pariwisata, kuliner, produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia, serta cerita-cerita lokal yang autentik yang akan membuka jendela dunia untuk Indonesia.
 
“Saya bersemangat terhadap partnership ini dan saya berharap bisa mempromosikan wisata dengan era baru dalam bentuk kolaborasi tapi juga dari isi ekonomi kreatif. Karena kedua sektor ini menyumbangkan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan saya berharap ini akan menjadi momentum kita mempercepat pemulihan dan kebangkitan yang lebih kuat,” kata Sandiaga Uno pada saat menghadiri acara di Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa, 6 September 2022.
 
Contoh kecil Netflix bisa mendorong pertumbuhan sektor pariwisata tanah air adalah pada saat serial “Street Food” yang tayang di Netflix, menampilkan penjual kue lapis legendaris di Yogyakarta, Mbah Satinem. Setelah penayangannya, banyak turis datang ke Yogyakarta untuk sekedar mencicipi jajanan pasar yang terkenal kelezatannya itu.
 
Dalam kerja sama ini Netflix secara resmi merilis video promosi untuk kampanye Wonderful Indonesia. Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai konten orisinal Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi pariwisata, kuliner, dan produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia.
 
Pada tahun mendatang, kampanye Wonderful Indonesia ini juga akan dilanjutkan dengan kegiatan aktivasi dan konten daring lainnya guna mendorong minat internasional dan domestik untuk kembali berkunjung ke Indonesia.
 
Dean juga mengatakan bahwa Netflix akan berinvestasi di sektor ekonomi kreatif Indonesia demi mendukung target pemerintah menciptakan 4 juta lapangan kerja baru hingga 2024.
 
"Kami berharap dengan partnership dan investasi kami di bidang ekonomi kreatif di sini bisa ikut menyebarkan pesan betapa indahnya Indonesia," ujar Garfield. 
 
Baca: Gaet Wisatawan, Sandiaga Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan


 
(WAN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif