Program “Future Food: Nourishing Little Ones” Tokopedia dan TikTok. Foto: Dokumen Tokopedia
Program “Future Food: Nourishing Little Ones” Tokopedia dan TikTok. Foto: Dokumen Tokopedia

Tokopedia-TikTok Shop Gandeng Kalbe dan Accelerice, Dorong UMKM Balita Tembus Pasar Digital

Annisa ayu artanti • 22 Juli 2025 13:08
Jakarta: Tokopedia dan TikTok Shop mendukung gaya hidup sehat keluarga Indonesia sekaligus
mendorong pertumbuhan UMKM lokal, bekerja sama dengan Kalbe Nutritionals dan Accelerice resmi meluncurkan program “Future Food: Nourishing Little Ones”.
 
Program ini dirancang khusus untuk membantu pelaku usaha lokal yang memproduksi makanan dan camilan sehat bernutrisi untuk balita (anak bawah lima tahun) agar pelaku usaha lokal dapat mengikuti perubahan zaman berkembang di era digital. 
 
Sebanyak lima pelaku usaha makanan dari berbagai daerah di Indonesia akan dipilih untuk mengikuti pelatihan intensif, pendampingan bisnis, hingga kesempatan promosi di TikTok Shop dan Tokopedia.

Program ini juga bertujuan untuk membantu para pelaku usaha beradaptasi dengan perkembangan dunia digital, khususnya dalam memanfaatkan konten dan fitur live shopping sebagai sarana promosi yang efektif di TikTok Shop dan Tokopedia. 
 
“Tren belanja live dan video pendek semakin memengaruhi cara keluarga Indonesia memilih produk terbaik untuk anak mereka. Melalui program ini, kami ingin menjadi jembatan bagi para pelaku usaha lokal agar bisa tampil dan tumbuh, serta menjadi solusi bagi kebutuhan gizi anak Indonesia,” ujar Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Stephanie Susilo, dalam keterangan tertulis Selasa, 22 Juli 2025.
 
Baca juga: TikTok Shop by Tokopedia Mall Catat Pertumbuhan 4x Lipat, Brand Lokal Mendominasi

Kategori ibu dan anak terus tumbuh Kategori ibu dan anak menjadi salah satu kategori yang mengalami pertumbuhan signifikan di Tokopedia dan TikTok Shop. Sepanjang semester I-2025, transaksi di kategori ini rata-rata meningkat hampir dua kali dibanding semester II-2024.
 
Adapun kontribusi signifikan dari pelaku usaha lokal yang menawarkan makanan anak berbasis bahan alami. Sementara itu, di TikTok Shop kategori ibu dan anak mencatatkan peningkatan pencarian hampir dua kali lipat sepanjang semester I-2025. 
 
Beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banteng dan DKI Jakarta juga mengalami lonjakan transaksi pada kategori ibu dan anak selama semester I-2025 dibandingkan semester II-2024.
 
Produk yang palinng banyak dicari Beberapa produk yang banyak dicari di Tokopedia dan TikTok Shop pada kategori ibu dan anak selama semester I-2025 adalah makanan bayi, susu formula dan produk kesehatan bayi.
 
“Peningkatan ini menunjukkan bahwa orang tua muda di Indonesia semakin sadar akan pentingnya gizi anak dan aktif mencari produk makanan sehat dan aman yang diproduksi oleh UMKM lokal," jelas dia.
 
Program Future Food hadir untuk menjawab tren tersebut dengan memberikan dukungan nyata bagi pelaku usaha yang berkomitmen menghadirkan produk yang berkualitas, inovatif, dan aman untuk dikonsumsi anak.

Peluang bertumbuh bagi pelaku UMKM lokal

Program “Future Food: Nourishing Little Ones” menghadirkan dukungan komprehensif bagi pelaku UMKM lokal yang bergerak di sektor makanan dan nutrisi anak. 
 
Peserta program akan mendapatkan pelatihan intensif dan bootcamp bersama mentor ahli dari Accelerice untuk mengembangkan produk dan strategi bisnis yang lebih kompetitif. 
 
Selain itu, mereka juga berkesempatan memperoleh eksposur eksklusif di TikTok Shop melalui penempatan feed card di kategori Ibu & Anak, kolaborasi dengan kreator parenting, serta produksi konten khusus.
 
Dukungan tambahan juga diberikan melalui subsidi ongkir, voucher, dan kampanye promosi di Tokopedia Parents serta kampanye Sayang Si Kecil. Program tersebut merupakan program rutin yang dilakukan setiap minggu di hari Kamis dengan puncak kampanye pada minggu ketiga setiap bulannya. 
 
Tidak hanya itu, peserta terpilih juga dapat menjalin kemitraan khusus dengan Kalbe Nutritionals, termasuk peluang kerja sama pengembangan produk hingga bantuan permodalan.
 
Tiga brand terpilih akan mendapatkan berbagai macam dukungan dari Tokopedia, TikTok Shop dan Kalbe Nutritionals, termasuk kesempatan menampilkan produk eksklusif selama enam bulan pertama serta konten promosi di akun TikTok Accelerice “Rak Sebelah”.
 
“Kami percaya bahwa kebiasaan makan sehat sebaiknya dimulai sejak dini. Karena itu, lewat program Future Food ini, Kalbe Nutritionals ingin ikut mendukung para pelaku UMKM lokal yang punya semangat besar dalam menghadirkan produk makanan balita yang sehat, bergizi, dan aman. Harapannya, kolaborasi ini bisa membantu lebih banyak keluarga Indonesia menemukan pilihan bijak dengan memberikan makanan balita yang sehat dan enak untuk buah hati mereka, sekaligus mendorong UMKM terus tumbuh dan berkembang,” ujar Director of Manufacture & Innovation Development Center, Andy Chendra.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan