Ilustrasi ekspor. Foto : MI.
Ilustrasi ekspor. Foto : MI.

Sulut Ekspor Bungkil Kopra ke India

Antara • 25 Maret 2022 17:56
Manado: Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor bungkil kopra dan fuli atau bunga pala ke India di Januari-Februari 2022 ini.
 
"Kami mengekspor bungkil kopra ke India sebanyak 6.300 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD951.300," kata Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen, dikutip dari Antara, Jumat, 25 Maret 2022.
 
Edwin mengatakan volume ekspor bunga pala sebanyak 14,4 ton dengan sumbangan devisa sebesar USD201.600. Dia mengatakan India sudah menjadi tujuan utama ekspor komoditas unggulan Sulut baik turunan kelapa maupun hasil perkebunan lainnya, sehingga pasar ini harus dijaga dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya harap petani dan pengekspor di Sulut memberikan pelayanan terbaik, kualitas produk dijaga serta kuantitas diperhatikan," kata Edwin.
 
Kabid Daglu Disperindag Sulut darwin Muksin mengatakan pihaknya siap memfasilitasi dalam pengurusan surat keterangan asal (SKA) dan sejenisnya untuk mempercepat proses ekspor barang dari Sulut.
 
"Kami siap setiap waktu, ada tim yang tetap sedia jika ada pengekspor yang akan mengurus berkas ekspor, walaupun hari libur," katanya.
 
Karena, katanya, pemerintah akan memprioritaskan kinerja ekspor Sulut dan berupaya menjaga kepercayaan pasar  sehingga permintaan mereka akan semakin meningkat.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif