Wisatawan berfoto di Titik Nol Nusantara di IKN. Foto: Medcom.id/Willy Haryono.
Wisatawan berfoto di Titik Nol Nusantara di IKN. Foto: Medcom.id/Willy Haryono.

Biar Kenal Lebih Dekat, Kemenparekraf-OIKN Gelar Famtrip Wisata Sekitar IKN

Antara • 16 Oktober 2023 14:47
Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) menggelar perjalanan wisata pengenalan atau familiarization trip (famtrip) ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
Selain mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kesadaran tentang Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia dan memberikan gambaran tentang progres pembangunan OIKN sehingga dapat mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan OIKN sebagai kota dunia untuk semua.
 
Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono mengatakan, Berau memiliki potensi wisata alam dan wisata bahari yang tidak kalah dengan destinasi wisata unggulan lain di Indonesia. Hal ini perlu memerlukan strategi-strategi khusus untuk promosi, salah satunya melalui famtrip.

"Kami akan terus mendukung upaya-upaya promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Berau, terutama untuk mendukung pencapaian target 1,2 miliar sampai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023 dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," ucap Marhen dalam siaran resmi, Senin, 16 Oktober 2023.
 
Kegiatan famtrip ini sendiri diharapkan dapat menciptakan sebuah travel pattern 'Paket Wisata IKN', dengan pola perjalanan meliputi wilayah IKN, Samarinda, dan Balikpapan, termasuk Desa Wisata yang ada di daerah tersebut. Saat ini, lanjut dia, kunjungan wisatawan ke Kaltim masih hanya seputar di Kota Balikpapan dan Samarinda dengan lama tinggal hanya satu hari.
 
"Melalui pola wisata (travel pattern) yang tercipta nanti, kami berharap dapat menambah lama tinggal wisatawan hingga lima hari empat malam. Kami juga mendorong pemerintah Kabupaten Berau untuk menggelar perhelatan tertentu, misalnya kegiatan wisata olahraga (sport tourism), untuk menarik kunjungan wisatawan," jelas dia.
 
Baca juga: IKN Nusantara Dibangun Tak Mengabaikan Peran Swasta
 

Dorong promosi paket wisata


Sebagai tindak lanjut kegiatan famtrip, Marhen menuturkan pihaknya siap membantu upaya promosi paket wisata yang dihasilkan.
 
Dalam hal ini, pihaknya akan menggandeng Travel Agent dan Travel Operator (TA/TO) konvensional, seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan Asosiasi Travel Indonesia (Astindo).
 
"Serta lima mitra OTA (Online Travel Agent) untuk mempromosikan paket wisata yang dihasilkan dari kegiatan famtrip ini. Selain itu, kami juga akan mempromosikan pariwisata Kabupaten Berau pada Tourism Expo Japan 2023 pada 26-29 Oktober 2023 di Osaka," ujar dia.
 
Sementara Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimudin mengatakan pihaknya akan terus berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar wilayah IKN serta memberdayakan masyarakat lokal dalam prosesnya.
 
"Pada 2024 nanti, akan ada sekitar dua juta orang yang pindah ke IKN. Kami menargetkan 10 persen dari jumlah tersebut, atau sekitar 200 ribu orang, dapat berkunjung ke Kabupaten Berau," kata Alimudin.
 
Kegiatan famtrip ini mengenalkan beberapa destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif di Kabupaten Berau dan sekitarnya, peserta diajak untuk menjelajah destinasi wisata seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, Pulau Derawan, Goa Halo Tabung, dan Rumah Oleh-oleh Basinang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan