Bandara Sam Ratulangi Manado - - Foto: Antara/ Fiqman Sunandar
Bandara Sam Ratulangi Manado - - Foto: Antara/ Fiqman Sunandar

Gara-Gara Covid, AP I Tunda Investasi Rp10,2 Triliun

Ekonomi angkasa pura 1 Berita Virus Corona Hari Ini
Suci Sedya Utami • 12 Mei 2020 19:08
Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) menunda rencana investasi senilai Rp10,2 triliun di beberapa proyek pengembangan bandara. Keputusan menimbang dampak pandemi covid-19 terhadap industri penerbangan Tanah Air.
 
Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan anggaran tersebut diperuntukkan untuk pengerjaan proyek tujuh bandara pada tahun ini.
 
"Di 2020 kita rencanakan investasi sekitar Rp10,2 triliun. Pada intinya kita enggak lakukan pembatalan, tapi penundaan," kata Faik dalam sebuah diskusi virtual, Selasa, 12 Mei 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, pembangunan beberapa bandara masih tetap dilanjutkan lantaran menjadi prioritas dalam pengembangan destinasi wisata. Misalnya bandara di Lombok, Manado, dan Yogyakarta.
 
Menurutnya pembangunan infrastruktur bandara perlu dilanjutkan karena bandara memiliki peran sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan konektivitas.
 
Apalagi kapasitas sepuluh dari 15 bandara yang dikelola AP I sudah tidak memadai. Bahkan sebelum covid, tingkat pertumbuhan penumpang jauh lebih tinggi dari kemampuan menyediakan kapasitas.
 
"Harapannya tentu setelah covid selesai, pariwisata akan segera pulih," jelas dia.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif