Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: dok. Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: dok. Setwapres

Diresmikan Wapres, Pembangunan Fasilitas Riset Pangan BRIN Dibiayai SBSN Rp145 Miliar

Ekonomi investasi Wapres UMKM ekonomi syariah keuangan syariah Daya Saing maruf amin BRIN SBSN
Eko Nordiansyah • 26 April 2022 15:10
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meresmikan Laboratorium Rujukan Riset Halal Indonesia di Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di D.I. Yogyakarta. Dalam kegiatan tersebut, Wapres menegaskan pentingnya berinvestasi pada riset dan pengembangan.
 
Proyek Infrastruktur Fasilitas Laboratorium Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan merupakan fasilitas pengolahan pangan tradisional terstandar current Good Manufacturing Practices (c-GMP) yang pembangunannya didukung oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2020-2021 senilai Rp145 miliar.
 
"Yang tidak kalah penting, bagaimana memastikan kemanfaatan dan kesesuaian hasil riset dengan kebutuhan industri sehingga riset yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan industri, sekaligus dapat dikembangkan dalam skala industri," ujarnya dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, ia menyampaikan, kehadiran fasilitas riset yang telah diresmikan tersebut menjadi strategis dalam membantu memastikan kesesuaian hasil riset. Kehadiran fasilitas riset halal dan laboratorium bertaraf internasional milik BRIN ini memberikan harapan bagi upaya memajukan riset dan inovasi di Indonesia.
 
Tujuan dari pembangunan proyek tersebut adalah menyediakan akses terbuka fasilitas c-GMP dan pemberian pelatihan, serta pendampingan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) pengolah makanan tradisional sehingga terjamin konsistensi mutu, keamanan, dan kehalalannya, serta memiliki daya saing di pasar global.
 
Melalui kapasitas para ahli dan teknologinya, BRIN memberikan infrastruktur riset yang penting demi mendukung ekosistem syariah. Koordinasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ini turut didukung oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Hal tersebut sejalan dengan visi bersama untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal terkemuka dunia.
 
Menutup sambutannya, Maruf berharap agar acara peresmian hari ini dapat memberikan motivasi serta inspirasi kepada generasi penerus bangsa untuk memilih profesi sebagai peneliti dan mengembangkan riset-riset yang ada menjadi lebih berkembang.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif