Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok MI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok MI

Keberadaan INSW Belum Cukup Benahi Sistem Logistik Indonesia

Ekonomi logistik Sri Mulyani kemudahan berusaha
Eko Nordiansyah • 24 September 2020 15:58
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai keberadaan Indonesia National Single Window (INSW) belum cukup dalam membenahi sistem logistik di Tanah Air. Sebab, INSW hanya menghubungkan beberapa kementerian/lembaga (K/L) saja alias belum memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha.
 
"Adanya National Single Window yang menghubungkan beberapa dari K/L, namun belum sampai membuat satu ekosistem yang bisa mempermudah di dalam transaksinya dengan para pelaku usaha," katanya dalam video conference 'Penataan Ekosistem Logistik Nasional' di Jakarta, Kamis, 24 September 2020.
 
Ia menambahkan INSW lebih mengedepankan koordinasi antar K/L di lingkungan pemerintah. Sementara hubungan dengan para pelaku usaha, importir dan eksportir, serta pengusaha logistik belum terhubung dengan sistem yang sudah ada tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga yang terjadi, importir eksportir dan pelaku logistik dia harus berkali-kali melakukan submission dan proses untuk berhubungan dengan tetap masing-masing government to government maupun di antara mereka sendiri. Sehingga yang terjadi adalah banyak proses repetitif dan rumit," jelas dia.
 
Karena itu, ekosistem logistik nasional yang lebih baik diharapkan mampu mempermudah pengurusan izin bagi pelaku usaha. Hal ini akan mengurangi biaya logistik sehingga dapat meningkatkan daya saing nasional.
 
"Dengan national logistic ecosystem, diharapkan akan ada semacam kemudahan dan clarity (kejelasan) di dalam seluruh proses di mana dokumen dan proses itu bisa di-share. Meskipun ini bukan suatu integrasi, tapi kolaborasi yang sangat mempermudah dan menyederhanakan," pungkasnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif