Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Sri Mulyani Mau Lapor SPT Enggak Pakai Ribet

Ekonomi sri mulyani spt pajak
Eko Nordiansyah • 10 Maret 2020 21:07
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkan sistem pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan bisa dilakukan dengan mudah. Dirinya berharap pelaporan SPT tidak membuat wajib pajak menjadi ribet.
 
Menurutnya, kehadiran sistem online seperti e-filing saat ini bisa memudahkan wajib pajak yang ingin melapor SPT. Sayangnya kelancaran dari sistem yang dimiliki oleh DJP ini dinilai belum sesuai harapan wajib pajak.
 
"Keribetannya saya minta Pak Suryo apakah ada progress dua minggu terkahir dimonitor. Saya sebagai Menkeu promosi tidak ribet pakai online ke seluruh menteri, jajaran Kemenkeu, BUMN, terus mereka bilang bayar tapi muter e-filling tiga jam, itu feedback bagus, kami perbaiki layanan," katanya di Kantor Pusat DJP, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengaku senang dengan feedback yang diberikan, karena ini menunjukan wajib pajak mau melaporkan hartanya. Meski begitu, Sri Mulyani berharap DJP bisa menciptakan sistem yang lebih mempermudah lagi, sehingga kepatuhan wajib pajak meningkat.
 
"Jika yang dipotong pajak tiap bulan dan hanya dari satu single income source, harusnya bisa sangat disederhanakan. Kecuali ada dari income yang dipotong PPh 21 dan ada income lain, misal dari medsos atau dari mana saja," jelas dia.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo menambahkan, pihaknya akan bersiaga untuk mengantisipasi lonjakan wajib pajak yang mengakses e-filing. Bahkan DJP akan menambah jumlah server menjadi 20 unit guna mengantisipasi lonjakan traffic dari para wajib pajak.
 
"Sebelumnya hanya 10 server sekarang jadi 20 server untuk menerima lonjakan penyampaian SPT di penghujung Maret 2020. Kami antisipasi agar masyarakat lebih leluasa, mudah, dan nyaman. Karena kami berharap masyakat sudah lebih teredukasi dan sampaikan SPT secara elektronik," ungkapnya.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif