Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Medcom.id/Ilham WIbowo
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Medcom.id/Ilham WIbowo

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diteruskan Hingga Surabaya

Ekonomi kereta cepat
Nur Azizah • 29 Mei 2020 19:07
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan. Proyek diteruskan hingga Surabaya.
 
"Arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) kereta cepat ini dilanjutkan. Artinya perencanaannya dari Jakarta-Bandung, Bandung-Surabaya," kata Airlangga di Jakarta Pusat, Jumat, 29 Mei 2020.
 
Airlangga menyebut proyek ini akan ditindaklanjuti oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Nantinya, Erick akan mengkaji mengenai anggota konsorsium, rute, serta nilai proyek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tengah mengerjakan sebanyak 13 tunnel atau terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Nantinya Kereta Cepat Jakarta Bandung akan memiliki panjang mencapai 142,3 km dengan empat stasiun pemberhentian, yakni Stasiun Halim, Karawang, Walini, hingga Tegalluar, Bandung.
 
Sebanyak 80 km dibangun layang atau elevated. Sedangkan, sisa jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung digarap di atas tanah yang di antaranya melalui tunnel atau terowongan yang menembus bukit. Kereta ini bakal membuat waktu tempuh Jakarta-Bandung lebih cepat yaitu sekitar 46 menit dengan kecepatan sekitar 350 km/jam.
 
(Baca: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Molor)
 
(REN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif