Ilustrasi rantai pasokan pangan. Foto: MI/Ramdani.
Ilustrasi rantai pasokan pangan. Foto: MI/Ramdani.

Cara Kalbar Kendalikan Inflasi, Jaga Rantai Pasok Pangan

Antara • 16 September 2022 21:42
Pontianak: Pemerintah Provinsi Kalbar berkomitmen untuk terus memantau dan menjaga rantai pasok pangan sebagai upaya pengendalian inflasi di daerah.
 
"Pemda turun aktif menjaga rantai pasok atau ketersediaan beserta tata niaganya. Termasuk bagaimana petani lokal meningkatkan produksi pangan," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Harrison di Pontianak, dikutip dari Antara, Jumat, 16 September 2022.
 
baca juga: Atasi Krisis Pangan, Cak Imin-Ahli Susun Cetak Biru Ketahanan Pangan

Ia menjelaskan Pemda juga ikut aktif menjaga daya beli masyarakat melalui berbagai langkah seperti adanya bantuan sosial.
 
"Bahkan juga ada pasar murah dilakukan. Tentu semua butuh dukungan semua pihak termasuk masyarakat dan bersama dalam menghadapi tekanan ekonomi global," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya juga terus meningkatkan koordinasi dengan para pihak baik TPID, Bulog dan Bank Indonesia serta lainnya. "Apabila ada kecenderungan pasokan bermasalah atau berkurang maka koordinasi dimaksimalkan," jelas dia.
 
Ia menyampaikan juga pada 19 September 2022 Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Kalbar dicanangkan.
 
GNPIP merupakan wujud nyata sinergi dan komitmen bersama Bank Indonesia, Tim Pengendali Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID), pelaku industri, serta masyarakat untuk mengelola tekanan inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi dalam rangka mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional. Implementasi GNPIP dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia termasuk Kalbar.
 
"Dalam GNPIP Kalbar 19 September 2022 yang dihadiri Gubernur dan Bupati dan wali kota di Kalbar itu bagian penting dan komitmen pemerintah dan memperkuat sinergi dalam stabilisasi harga pangan," ucap dia.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif