Ilustrasi. Foto: Freepik
Ilustrasi. Foto: Freepik

Dear UMKM, Pakai Sistem Jualan PO Deh Banyak Untungnya

Antara • 21 September 2023 16:04
Jakarta: Sistem bisnis pre-order (PO) atau pemesanan awal pada barang yang akan dijual, kemudian baru menjelaskannya dinilai lebih memiliki banyak manfaat bagi UMKM
 
Riset independen Svara Research menunjukkan skema pre-order atau PO mampu menciptakan diferensiasi yang unik dibandingkan dengan platform pesan-antar makanan (online food delivery) besar yang fokus pada pengiriman instan atau merchant yang menyediakan stok (ready stock).
 
"Dengan skema pre-order, pelanggan sangat menghargai nilai dari harga yang diberikan oleh perusahaan penyedia layanan pre-order food, didorong oleh makanan rumahan dengan harga terjangkau, tarif pengiriman tetap, dan promosi harga yang sering dilakukan," kata Pendiri dan Peneliti Senior Svara Institute Ida Ayu Erica Pramesty Utami dilansir Antara, Kamis, 21 September 2023.
 
Baca juga: S-Commerce Diminta Latih UMKM Raup Cuan via Online

Terlebih, bagi UMKM yang melayani volume kecil dan permintaan yang tidak dapat diprediksi, skema pre-order mengurangi risiko kelebihan stok dan memberikan fleksibilitas waktu.

Menurutnya, cara tersebut tidak hanya menguntungkan bagi UMKM, tetapi juga bagi penjual paruh waktu.

UMKM bisa dapat margin lebih besar

Dengan skema itu, kata Ida, UMKM dapat memiliki margin yang lebih besar bila dibandingkan dengan skema penjualan biasa.
 
Hal itu juga didukung oleh besaran komisi yang diterapkan platform layanan pre-order yang lebih rendah bila dibandingkan platform lain. Sebagai contoh, besaran komisi yang diterapkan buka PO hanya sebesar 12,5 persen.
 
"Biaya komisi yang lebih rendah, hanya 12,5 persen dari penjualan, dibandingkan platform lain yang hampir 35 persen, menarik para penjual UMKM yang sadar akan margin. Hal ini juga berarti harga yang lebih murah bagi pelanggan, karena penjual tidak perlu membebankan biaya tambahan kepada pelanggan,” ujar Ida.
 
Svara mengamini platform yang ada sudah cukup untuk melayani permintaan. Namun, perbaikan di masa depan mungkin didedikasikan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pelanggan.
 
Potensi risiko lain yang juga perlu dimitigasi adalah masalah keberlanjutan pedagang. Pada sisi lain, peluang muncul dari segmen pelanggan baru dengan menjajaki potensi pesanan berulang.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan