Jagung. Foto : MI/Bagus Suryo.
Jagung. Foto : MI/Bagus Suryo.

Mentan Upayakan Produksi Jagung Meningkat di 2020

Ekonomi Kementerian Pertanian jagung
Ilham wibowo • 13 Agustus 2020 19:49
Blitar: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan pihaknya bisa menjamin pemenuhan kebutuhan jagung selama 2020. Produksi jagung ditargetkan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya untuk mengisi stok dalam negeri.
 
“Kita harus pastikan produksi jagung cukup sesuai kebutuhan bulanan. Luas tanam kita tingkatkan, tapi produktivitas juga harus bagus,” ujar Syahrul melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Syahrul bersama Bupati Blitar Rijanto menyempatkan diri ikut menyaksikan proses tanam jagung di Desa Maliran Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Percepatan tanam perlu dilakukan seiring masuknya musim hujan di beberapa wilayah sentra produksi,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Panen raya jagung yang sudah dilaksanakan pada musim tanam I mencatat angka surplus untuk beberapa daerah. Data produksi yang dihasilkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan luas tanam dan memperbaiki produktivitas.
 
Adapun rata-rata produktivitas jagung lokal saat ini sekitar 6,4 ton/ha, targetnya produktivitas dapat naik menjadi 8 sampai 9 ton/ha. Dengan tercukupinya kebutuhan jagung diharapkan semakin menjauhkan Indonesia dari pilihan impor.
 
Dalam kesempatan itu, Syahrul mengingatkan kondisi Pandemi covid-19 menjadi tantangan bagi pertanian untuk tetap memproduksi kebutuhan pangan. Sektor pertanian saat inj terus didorong menjadi penopang utama pemulihan ekonomi nasional.
 
“Ini bukan krisis biasa tapi multidimensi, sektor pertanian menjadi penopang utama yang menggerakkan perekonomian, jadi jangan biasa-biasa saja harus usaha ekstra keras,” tegasnya.
 
Semantara itu, Bupati Blitar Rijanto mengatakan pihaknya terus melakukan upaya modernisasi di sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Bantuan alat sistem pertanian dari Kementan dengan nilai sebesar Rp16,2 miliar telah disalurkan kepada petani.
 
“Pembangunan jalan usaha tani, dan irigasi, semua demi memajukan sistem pertanian dan menuju Kabupaten Blitar yang berswasembada pangan untuk meningkatkan taraf hidup para petani,” ujar Rijanto.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif